PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KONAWE SELATAN

NIAN ENDRIAN, NIM: 19010108020., N (2023) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (673kB)
[img] Text
2. BAB 1 .pdf

Download (171kB)
[img] Text
3. BAB II .pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB III .pdf

Download (261kB)
[img] Text
5. BAB IV & BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

ABSTRAK
NIAN ENDRIAN, NIM: 19010108020. Perbandingan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dan Discovery Learning Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Konawe Selatan
(Dibimbing oleh Rosmini S. Si,. M. Pd dan Andi Nurannisa Syam M. Pd).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe IOC di Kelas
XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di Kelas XI IPA SMA
Negeri 2 Konawe Selatan, perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan
model pembelajaran Kooperatif tipe IOC dan Discovery Learning di Kelas XI
IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan, dan Perbedaan hasil belajar siswa sesudah
menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe IOC dan Discovery
Learning di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif berupa quasi eksperimen. Penelitian ini
dilaksanakan di SMAN 2 Konawe Selatan pada tahun pelajaran semester genap
2022/2023. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivvalent group
pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI
IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam
penelitian ini berupa instrument tes pilihan ganda sebanyak 25 nomor. Analisis
data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji T).
Perbedaan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperati tipe IOC dan
Discovery Learning diperoleh hasil uji perbedaan Thitung 2 < Ttabel 2,9 artinya
bahwa tidak ada perbedaan signifikan sebelum perlakuan. Perbedaan sesudah
menggunakan model pembelajaran kooperati tipe IOC dan Discovery Learning
diperoleh hasil uji perbedaan Thitung 5 < Ttabel 2,9 artinya bahwa ada perbedaan
signifikan hasil belajar siswa sesudah perlakuan.
Kata Kunci: Inside Outside Circle, Discovery Learning, Hasil Belajar

ABSTRACT
NIAN ENDRIAN, NIM: 19010108020. Comparison of Learning Models
cooperative Type Inside Outside Circle and Discovery Learning on Learning
Outcomes Student Class XI IPA at SMA Negeri 2 Konawe Selatan
( Supervised by Rosmini S. Si, M. Pd and Andi Nurannisa Syam M.Pd).
Study This aim For know : result Study student before and after using
learning models cooperative IOC type in Class XI IPA SMA Negeri 2 Konawe
Selatan, results Study student before and after using learning models Discovery
Learning in Class XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan, differences results
Study student before using learning models cooperative IOC type and
Discovery Learning in Class XI Science of SMA Negeri 2 Konawe Selatan, and
Differences results Study student after using learning models cooperative IOC
type and Discovery Learning in Class XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan.
Type study This is study quantitative in the form of a quasi- experiment . Study
This held at SMAN 2 Konawe Selatan in even semester lessons 2022/2023. The
research design used is nonequivvalent group pretest-posttest design.
Population in study This is class XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, and XI IPA 4.
Sample study that is class XI IPA 1 as class experiment and class XI IPA 4 as
class control . Instrument in study This in the form of a test instrument choice
double as many as 25 numbers . Data analysis used that is analysis descriptive
and analysis inferential (T test). Difference before using learning models
cooperative IOC type and Discovery Learning is obtained difference test results
T count 2 < T table 2.9 means that No significant There is difference before and
after the treatment . Difference after using learning models cooperative IOC
type and Discovery Learning is obtained difference test results T count 5 < T table
2.9 means that There is difference significant results Study student after
treatment .
Keywords : Inside Outside Circle, Discovery Learning , Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Inside Outside Circle, Discovery Learning, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inside Outside Circle, Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 18 Sep 2024 00:36
Last Modified: 18 Sep 2024 00:36
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3056

Actions (login required)

View Item View Item