PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA TERHADAP SISWA SMPN 15 KENDARI

Syafira Damayanty. 2020010101076., S (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA TERHADAP SISWA SMPN 15 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (371kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (380kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Syafira Damayanty. 2020010101076. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Terhadap Siswa SMPN 15 Kendari.
Dibimbing Oleh: Dr. Supriyanto M.Ag. Dan Ahmad Ghifari Tetambe, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk peran guru Pendidikan
Agama Islam dan dampak penerapan nilai-nilai moderasi beragama di sekolah
dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di SMPN 15 Kendari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa, guru
Pendidikan Agama Islam di SMPN 15 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di
SMPN 15 Kendari yang memiliki kriteria yang tepat dalam penelitian ini. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Skripsi menunjukkan bahwa: 1. Peran guru
Pendidikan Agama Islam dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMPN
15 Kendari
meliputi: a. Conservator sebagai guru Pendidikan Agama Islam
bertanggung jawab akan sikapnya, b. Transmitter (penerus) guru Pendidikan
Agama Islam bertindak sebagai motivator dan pembimbing, c. Innovator
(pengembang) guru Pendidikan Agama Islam bekerjasama dengan semua guru dari
berbagai agama, d. Organizer (pelaksana) guru melaksanakan kegiatan yang
diinovasikan, e.Transformator, guru Pendidikan Agama Islam menerjemahkan nilai
dengan menjadi figur untuk murid. 2. Dampak penerapan nilai-nilai moderasi
beragama di sekolah antara lain nilai toleransi, nilai i’tidal, dan nilai kesetaraan
sudah berdampak baik bagi sekolah, guru maupun siswa yaitu sikap saling
menghargai, sikap saling menghormati perbedaan yang ada, dan selalu berteman
tanpa memandang agama, suku, ras, budaya, dan jenis kelamin.
Kata kunci: Peran, Guru PAI, Moderasi Beragama.

ABTRACT
Syafira Damayanty. 2020010101076. The Role of Islamic Religious
Education Teachers in Applying Religious Moderation Values to Students at
SMPN 15 Kendari. Supervised by: Dr. Supriyanto M.Ag. And Ahmad
Ghifari Tetambe, M.Pd
The purpose of this research is to determine the role of Islamic Religious
Education teachers and the impact of implementing religious moderation values in
schools on implementing religious moderation values among students at SMPN 15
Kendari. This research uses a qualitative approach with descriptive research type.
The data sources in this research are school principals, students, Islamic Religious
Education teachers at SMPN 15 Kendari. This research was carried out at SMPN
15 Kendari which had the right criteria for this research. Data collection techniques
in this research used observation, interview and documentation techniques. Data
analysis techniques are data reduction, data presentation and drawing conclusions
or verification. The thesis shows that: 1. The role of Islamic Religious Education
teachers in implementing the values of religious moderation at SMPN 15 Kendari
includes: a. Conservator as an Islamic Religious Education teacher is responsible
for his/her attitude, b. Transmitter (successor) of the Islamic Religious Education
teacher acts as a motivator and guide, c. Innovator (developer) of Islamic Religious
Education teachers in collaboration with all teachers from various religions, d.
Organizer (executor) teacher carries out innovative activities, e. Transformer,
Islamic Religious Education teacher translates values by becoming a figure for
students. 2. The impact of implementing the values of religious moderation in
schools, including the values of tolerance, i'tidal values, and equality values, has
had a positive impact on schools, teachers and students, namely an attitude of
mutual respect, an attitude of mutual respect for existing differences, and always
being friends regardless of religion, ethnicity, race, culture and gender.
Keywords: Role, Islamic Education Teacher, Religious Moderation.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Peran, Guru PAI, Moderasi Beragama.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran, Guru PAI, Moderasi Beragama.
Subjects: 200 Agama > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam
200 Agama > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:09
Last Modified: 27 Sep 2024 01:09
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item