PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MIS AR-RAHMAN SINDANGKASIH

RINI, NIM: 2020010104148,, R (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MIS AR-RAHMAN SINDANGKASIH. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (692kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (578kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (388kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
RINI, NIM: 2020010104148, Pengaruh Media Pembelajaran Papan Puzzle
Terhadap Hasil Belajar Matematika MIS Ar-Rahman Sindangkasih
(dibimbing oleh: Drs. La Boy, M.Pd dan Sri Anandari Safaria, S.Pd.,M.Pd)
Papan puzzle merupakan suatu media untuk mengajarkan konsep atau
pengetahuan tertentu dalam pembelajaran berupa potongan gambar maupun bentuk
bongkar pasang yang berkaitan dengan pembelajaran.Penelitian ini bertujuan
untuk: (1) Mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IVA MIS Ar-Rahman
Sindangkasih sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran papan puzzle.
(2) Mengetahui penggunaan media pembelajaran papan puzzle pada siswa kelas IVA
MIS Ar-Rahman Sindangkasih. (3) Mengetahui pengaruh media pembelajaran
papan puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IVA MIS Ar-Rahman.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest
posttest. Sampel ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, angket dan dokumentasi.
Instrumen penelitan yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket
penggunaan media pembelajaran papan puzzle. Sebagai hasil penelitian
menunjukan: (1) Hasil belajar pretest memiliki nilai rata-rata 38,52. Sedangkan
hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran papan puzzle
memiliki nilai rata-rata 75,71. (2) Penggunaan media pembelajaran papan puzzle
memiliki kriteria sangat positif dengan rata-rata persentase 90,95 % sehingga media
pembelajaran papan puzzle dapat digunakan dalam proses pembelajaran.(3) Media
pembelajaran papan puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar MIS Ar-Rahman
Sindangkasih, thitung > ttabel atau 18,522 >1,725 terdapat perbedaan antara
sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran papan puzzle. Hal ini juga
ditunjukan dari hasil uji paired sampel t-test bahwa nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau
0,000<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima karena terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar sebelum (pretest) dan setelah (posttest).
Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Komposisi dan Dekomposisi bangun Datar,
Media Pembelajaran Papan Puzzle

BSTRACT
RINI, NIM: 2020010104148, The Effect of Learning Media Puzzle Board on
Mathematics Learning Outcomes Mis Ar-Rahman Sindangkasih (supervised by:
Drs. La Boy, M.Pd and Sri Anandari Safaria, S.Pd., M.Pd).
Puzzle board is a media to teach concepts or knowledge in the form of
picture or disassembled shapes realed to learning. This study aims to: (1) Knowing
the learning outcomes of mathematics students in class IV (A) MIS Ar-Rahman
Sindangkasih before and after the use of puzzle board learning media. (2) Knowing
the use of puzzle board learning media in class IV_A students of MIS Ar-Rahman
Sindangkasih. (3) Knowing the effect of puzzle board learning media on the
mathematics learning outcomes of students in class IV_A MIS Ar-Rahman. This
study used an experimental method with a one group pretest-posttest design. The
sample was determined using purposive sampling technique. Data collection
techniques in this study were tests, questionnaires and documentation. The research
instruments used were learning outcomes tests and questionnaires on the use of
puzzle board learning media. As the results showed: (1) Pretest learning outcomes
have an average value of 38.52. While student learning outcomes after using puzzle
board learning media have an average value of 75.71. (2) The use of puzzle board
learning media has very positive criteria with an average percentage of 90.95% so
that puzzle board learning media can be used in the learning process. (3) Puzzle
board learning media affects the learning outcomes of MIS Ar-Rahman
Sindangkasih, t_count> t_table or 18.522>1.725 there is a difference between
before and after using puzzle board learning media. This is also shown from the
paired sample t-test results that the sig value. (2-tailed) <0.05 or 0.000 <0.05 then
H_0 is rejected and H_1 is accepted because there is a significant difference
between learning outcomes before (pretest) and after (posttest).
Keywords: Math Learning Outcomes, Composition and Decomposition of Flat
Buildings, Puzzle Board Learning Media

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Komposisi dan Dekomposisi bangun Datar, Media Pembelajaran Papan Puzzle
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Komposisi dan Dekomposisi bangun Datar, Media Pembelajaran Papan Puzzle
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:43
Last Modified: 27 Sep 2024 01:43
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item