PENGARUH LABEL HALAL, KESADARAN HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA DOSEN IAIN KENDARI)

Abdul Mufid Rabbani, S.H, NIM: 2021040204007,, A (2024) PENGARUH LABEL HALAL, KESADARAN HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA DOSEN IAIN KENDARI). Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (897kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (695kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (667kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (913kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama: Abdul Mufid Rabbani, S.H, NIM: 2021040204005, Judul Tesis
“Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Dan Harga Terhadap Keputusan
Konsumen Pada Pembelian Produk Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi
Pada Dosen IAIN Kendari”, Pembimbing I: Dr. Wahyudin Maguni, SE, M.Si,
Pembimbing II: Dr. Hj. Ummi Kalsum, M.Ag
Label halal pada kemasan produk memiliki fungsi sebagai jaminan keamaan dan
kehalalan suatu produk, dengan harapan konsumen muslim tidak akan ragu dalam
mengkonsumsi produk yang dibelinya. Faktanya masih banyak pelaku usaha yang
enggan mendaftarkan produknya agar memiliki sertifikasi halal dari LPPOM-MUI
berupa label halal, adanya fakta tersebut menimbulkan keraguan pada benak
konsumen apakah produk yang dikonsumsinya benar-benar halal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, kesadaran halal dan harga
terhadap keputusan konsumen pada pembelian produk dalam perspektif ekonomi
syariah, studi pada dosen IAIN Kendari. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan
menggunakan angket/kuesioner dari populasi sebanyak 198 dosen dan tenaga
pendidik di kampus IAIN Kendari. Untuk pengambilan sampel, digunakan
metode accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 75 orang.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis jalur (path
analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Label halal tidak
berpengaruh terhadap harga. 2). Kesadaran halal berpengaruh terhadap harga. 3).
Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 4). Label halal dan kesadaran
halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 5). Label halal terhadap
keputusan pembelian melalui harga tidak berpengaruh signifikan. 6). Kesadaran
halal melalui harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Ekonomi Syariah, Label Halal, Kesadaran Halal, Harga, Keputusan
Pembelian.

ABSTRACT
Name: Abdul Mufid Rabbani, S.H, NIM: 2021040204007, Thesis Title " The
Influence of Halal Labels, Halal Awareness, and Prices on Purchase Decisions
from a Sharia Economic Perspective (Study of IAIN Kendari Lecturers",
Supervisor I: Dr. Wahyudin Maguni, SE, M.Si, Supervisor II: Dr. Hj. Ummi
Kalsum, M.Ag.
The halal label on product packaging has a function as a guarantee of the safety
and halalness of a product, with the hope that Muslim consumers will not hesitate
to consume the product they buy. The fact is that there are still many business
actors who are reluctant to register their products in order to have halal
certification from LPPOM-MUI in the form of a halal label. This fact raises
doubts in the minds of consumers whether the products they consume are truly
halal. This research aims to determine the influence of halal labels, halal
awareness and price on consumer decisions on purchasing products from a
sharia economic perspective, a study by IAIN Kendari lecturers. The data
collection technique in this research used questionnaires with a population of 198
lecturers and teaching staff at the IAIN Kendari campus. The sampling technique
used accidental sampling, namely 75 customers. The research method used is
quantitative with path analysis. The results of this research show that: 1). The
halal label has no effect on the price. 2). Halal awareness influences prices. 3).
Price influences purchasing decisions. 4). The halal label and halal awareness
influence purchasing decisions. 5). The halal label does not have a significant
effect on purchasing decisions via price. 6). Halal awareness through price
influences purchasing decisions.
Keywords: Islamic Economic, Halal Label, Halal Awarness, Price, Purchase
Decision

صخلولا

ذبع ذٍفولا ًًابر :بلاطلا نقر . 1212202120220 . رٍثأت تاهلاعلا للاحلا ًعىلاو للاحلا راعسلأاو
ىلع تارارق كلهتسولا ىأشب ءارش تاجتٌولا يه رىظٌه يداصتقا ًعرش ( ةسارد ةلاح يع يٌرضاحولا
ًف ةعهاج ةٍهلاسلإا ةٍهىكحلا يراذٌٍك ( :لولأا فرشولا . رىتكد فرشولا .ًًىغاه يٌدىٍحو
:ًًاثلا رىتكد . جه . مأ مىثلك .
ُإ تفٍظٗ تٍلاع هلاحىا ةد٘جَ٘ىا ىيع ة٘بع جخَْىا ًٕ ُبَض تٍلاس جخَْىا ،ٔخىلاحٗ ىيع وٍأ لاأ ددشخٌ
ُ٘نيٖخسَىا َُ٘يسَىا ًف كلاٖخسا ثبجخَْىا ًخىا بّٖٗشخشٌ . تقٍقحىا ًٕ ّٔأ لا هازٌ كبْٕ ذٌذعىا ٍِ هبجس
هبَعلأا ٌِزىا ُٗددشخٌ ًف وٍجسح ٌٖحبجخٍْ ٍِ وجأ ه٘صحىا ىيع دبٖش ة هلاح ٍِ LPPOM-MUI ًف
ونش تٍلاع ،هلاح ٓزٕٗ تقٍقحىا شٍثح ك٘نشىا ًف ُبٕرأ ٍِنيٖخسَىا ه٘ح بٍ ارإ جّبم ثبجخَْىا ًخىا
بّٖ٘نيٖخسٌ تحٍحص ًأ لا . هلاح بقح . فذٌٖ ازٕ ثحبىا ىىإ ذٌذحح شٍثأح ثبقصيٍ هلاحىا ًع٘ىاٗ هلاحىا
سبعسلأاٗ ىيع ثاساشق ليٖخسَىا ُأشب ءاشش ثبجخَْىا ٍ ِ س٘ظٍْ يدبصخقا ،ًعشش تساسد بٕاشجأ
ُٗشضبحٍ ًف IAIN Kendari. جٍذخخسا تٍْقح عَج ثبّبٍبىا ًف ازٕ ثحبىا ثبّبٍبخسا غيبٌ دذع بّٖبنس
198 اشضبحٍ ءبضعأٗ تئٍٕ سٌسذخىا ًف ًشح IAIN Kendari. جٍذخخسا تٍْقح زخأ ثبٍْعىا زخأ ثبٍْعىا
،تٍضشعىا يأ 75 ًلاٍَع . تقٌشط ثحبىا تٍذخخسَىا ًٕ تٍَم عٍ وٍيحح سبسَىا . شٍشحٗ جئبخّ ازٕ ثحبىا ىىإ
بٍ ًيٌ : 1). تٍلاع هلاحىا سٍى بٖى يأ شٍثأح ىيع شعسىا . 2). ًع٘ىا هلاحىا شثؤٌ ىيع سبعسلأا . 3). شعسىا
شثؤٌ ىيع ثاساشق ءاششىا . 4). شثؤح تٍلاع هلاحىا ًع٘ىاٗ هلاحىا ىيع ثاساشق ءاششىا . 5). سٍى تٍلاعى
حىا هلا شٍثأح شٍبم ىيع ثاساشق ءاششىا ٍِ ثٍح شعسىا . 6). ًع٘ىا هلاحىا ٍِ هلاخ شعسىا شثؤٌ ىيع
ثاساشق ءاششىا
تاولكلا ةٍحاتفولا: ثبٌدبصخقا ،تعٌششىا تٍلاع ،هلاحىا ًع٘ىا ،هلاحىا ،شعسىا ثاساشق ءاششىا

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Ekonomi Syariah, Label Halal, Kesadaran Halal, Harga, Keputusan Pembelian.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ekonomi Syariah, Label Halal, Kesadaran Halal, Harga, Keputusan Pembelian.
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:04
Last Modified: 02 Oct 2024 02:04
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3347

Actions (login required)

View Item View Item