STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KERAJINAN UKIRAN KAYU JEPARA DI KOTA KENDARI

MUHAMMAD ZULKIFLI, NIM:2020050101031,, M (2024) STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KERAJINAN UKIRAN KAYU JEPARA DI KOTA KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
MUHAMMAD ZULKIFLI, NIM:2020050101031, “Strategi
Diferensiasi Produk dalam Meningkatkan Daya Saing Produk
Kerajinan Ukiran Kayu Jepara Di Kota Kendari” Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Kendari, melalui pembimbing I Muhammad Imran SE, M.Ak, dan
Pembimbing II Kiki Novita Sari ME
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana
pengusaha kerajinan ukiran kayu jepara dalam melakukan strategi
diferensiasi produk dalam meningkatkan daya saing produk kerajinan
ukiran kayu jepara di Kota Kendari dan bagaimana menganalisis
peluang dan ancaman dalam menerapkan strategi diferensiasi produk
kerajinan ukiran kayu jepara di Kota Kendari dengan analisis SWOT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
diferensiasi yang dilakukan pengusaha kerajinan ukiran kayu jepara di
Kota Kendari dan juga mengetahui apa saja peluang dan ancaman
dalam menerapkan strategi diferensiasi produk kerajinan ukiran kayu
jepara di Kota Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian
menggunakan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa
pengusaha kerajinan ukiran kayu jepara di Kota Kendari yaitu toko alas
jati jepara dan toko mikhayla furniture jepara sudah mampu
menerapkan strategi diferensiasi produk melalui bentuk, fitur, mutu
kinerja, mutu kesesuaian, daya tahan, keandalan, mudah diperbaiki,
gaya, dan desain. Untuk peluang pengusaha kerajinan ukiran kayu
jepara di Kota Kendari masih dikatakan terbuka bagi pengusaha yang
ingin masuk dalam industri kerajinan ukiran kayu jepara dan juga
memperluas pasar dengan media online. Sedangkan untuk ancaman
munculnya pesaing baru dengan produk yang sejenis dengan produk
yang murah, munculnya risiko peniruan produk, dan perubahan selera
konsumen.

Kata Kunci: Strategi Diferensiasi Produk, Daya Saing Produk, Produk
Kerajinan Ukiran Jepara

ABSTRACT
MUHAMMAD ZULKIFLI, NIM:2020050101031, "Product
Differentiation Strategy in Increasing the Competitiveness of
Jepara Wood Carving Craft Products in Kendari City" Faculty of
Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN)
Kendari, through supervisor I Muhammad Imran SE, M.Ak, and
Supervisor II Kiki Novita Sari ME
The problem in this research is knowing how Jepara wood
carving craft entrepreneurs carry out product differentiation strategies
to increase the competitiveness of Jepara wood carving craft products
in Kendari City and how to analyze opportunities and threats in
implementing Jepara wood carving craft product differentiation
strategies in Kendari City.This research aims to find out what
differentiation strategies are carried out by Jepara wood carving craft
entrepreneurs in Kendari City and also to find out what opportunities
and threats there are in implementing differentiation strategies for
Jepara wood carving craft products in Kendari City. The research
method used is descriptive qualitative research. Research data
collection uses interviews. The results of this research found that Jepara
wood carving craft entrepreneurs in Kendari City, namely the Jepara
teak floor shop and the Jepara Mikhayla furniture shop, have been able
to implement product differentiation strategies through shape, features,
performance quality, suitability quality, durability, reliability, easy to
repair, style, and design. Opportunities for Jepara wood carving craft
entrepreneurs in Kendari City are still said to be open for entrepreneurs
who want to enter the Jepara wood carving craft industry and also
expand the market using online media. Meanwhile, there is the threat of
the emergence of new competitors with products that are similar to
cheap products, the risk of product imitation and changes in consumer
tastes.
Keywords: Product Differentiation Strategy, Product Competitiveness,
Jepara Carving Craft Products
xi | D A F T A R I S I
DAFTAR ISI

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Strategi Diferensiasi Produk, Daya Saing Produk, Produk Kerajinan Ukiran Jepara
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Diferensiasi Produk, Daya Saing Produk, Produk Kerajinan Ukiran Jepara
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 338 Produksi > 338.04 Kewirausahaan
Ekonomi > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:35
Last Modified: 02 Oct 2024 02:35
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item