EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDIO PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA NEGERI 1 KONAWE

Nasihudin, NIM. 2021040202022, N (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDIO PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA NEGERI 1 KONAWE. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nasihudin, NIM. 2021040202022 “Efektivitas Penggunaan Media Vidio Pada
Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe”, Dibimbing Oleh (Dr. Dr. Aris
Try Andreas Putra, M.Pd, Sebagai Pembimbing I dan Dr. Samsul Bahri, MA
Sebagai Pembimbing II)
Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan media vidio pada
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa
di Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe, dengan tujuan penelitian yaitu untuk
mengetahui dan menganalisis efektivitas penggunaan media vidio pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe. Jenis Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan Tehnik pengumpulan data wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing/verification. Sedangkan
pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi
teknik triangulasi waktu dan member chek.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Efektivitas penggunaan media
vidio pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil
belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe dilihat dari aktivitas siswa
selama pembelajaran berlangsung, respon siswa terhadap pembelajaran dan
penguasaan konsep siswa. Media pembelajaran khususnya video pembelajaran
dipercaya dapat memberikan manfaat, yakni bahan yang disajikan menjadi lebih
jelas maknanya bagi siswa, dan tidak bersifat verbalistik, metode pembelajaran
lebih bervariasi, siswa menjadi lebih aktif melakukan beragam aktifitas, dan
pembelajaran menjadi lebih menarik. 2) Faktor pendukung dan penghambat
penggunaan media vidio antara lain: Faktor pendukung seperti wali kelas yang
membantu guru untuk mendidik dan membimbing dalam meningkatkan hasil
belajar siswa, Perhatian dan minat siswa yang beragam dalam mengikuti materi
peajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Faktor penghambat seperti: Masih ada
sebagian guru yang belum mahir dalam pembuatan video pembelajaran, Sarana
media video pembelajaran yang masih kurang. Bahasa dalam video pembelajaran
yang digunakan oleh guru kurang sesuai dengan karakter siswa dan sebagian guru
terkadang merasa kerepotan dalam mempersiapkan alat-alat media video
pembelajaran. 3) Solusi mengatasi hambatan penggunaan media vidio antara lain:
mengupayakan guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dan seminar tentang
TIK (Teknologi Iformasi dan Komunikasi); pihak madrasah mengupayakan
pengadaan peralatan media video pembelajaran dengan cara pemanfaatan dana
infaq dari wali murid; pihak madrasah mengupayakan diadakannya program
program penunjang bagi guru agar mampu mengedit video pembelajaran; dan
pihak madrasah membuat tempat permanen untuk peralatan media video
pembelajaran seperti LCD Proyektor, Speaker dan stop kontak.
Kata Kunci: Efektifitas, Media Vidio, Hasil Belajar
ABSTRACT
Nasihudin, NIM. 2021040202022 "The Effectiveness of Using Vidio Media in
Islamic Cultural History Subjects in Improving Student Learning Outcomes in
Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe", guided by (Dr. Dr. Aris Try Andreas
Putra, M.Pd, as Supervisor I and Dr. Samsul Bahri, MA as Supervisor II)
This study discusses the effectiveness of the use of video media in Islamic
Cultural History subjects in improving student learning outcomes in Madrasah
Aliyah Negeri 1 Konawe, with the purpose of the study being to find out and
analyze the effectiveness of using video media in Islamic Cultural History
subjects in improving student learning outcomes in Madrasah Aliyah Negeri 1
Konawe . This type of research is qualitative research with data collection
techniques for interviews, observation and documentation. Data analysis
techniques used in this study are data reduction, data presentation and conclusion
drawing / verification. While checking the validity of data using triangulation of
data sources, triangulation of time triangulation techniques and member check .
The results showed that: 1) The effectiveness of the use of video media in
the subject of Islamic Cultural History in improving student learning outcomes in
Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe seen from student activities during learning,
student responses to learning and mastery of student concepts. Learning media,
especially learning videos, are believed to provide benefits, namely the material
presented becomes clearer in its meaning for students, and is not verbalistic,
learning methods are more varied, students become more active in various
activities, and learning becomes more interesting. 2) Supporting and inhibiting
factors for the use of video media include: Supporting factors such as homeroom
teachers who help teachers to educate and guide in improving student learning
outcomes, Attention and interest of diverse students in following the teaching
material of Islamic Cultural History. Inhibiting factors such as: There are still
some teachers who are not proficient in making learning videos, learning video
media facilities are still lacking. The language in the learning videos used by
teachers is not in accordance with the character of the students and some
peoplesometimes find it difficult to prepare learning video media tools. 3)
Solutions to overcome barriers to the use of video media include: seeking teachers
to attend trainings and seminars on ICT (Information and Communication
Technology); The madrassa seeks procurement of learning video media
equipment by utilizing infaq funds from parents; the madrasah seeks to hold
supporting programs for teachers to be able to edit learning videos; and the
madrasah made a permanent place for learning video media equipment such as
LCD Projectors, Speakers and sockets.
Keywords: The Effectiveness, Vidio Media, Learning Outcomes

ﺩ . ، ١٢٠٢٠٢٠٤٠١٢٠٢ " ت ا ﺳو ﻡا ﺳا
ﺳﺭ ب ا ت ﺳ ا ا ﺭ ا ي ١
يو ا هاﺭ ﺩ ، ا سﺭ أ ي ﺭأ ﺭ ا .ﺩ) ،" ،
(ف ، ي ل ﺳ .ﺩو ف


ا ا ر ا دا ا و ما ا ار ا هھ
ي ء ر ا ت يو إ ار ا ف ،
ا ا ر ا دا ا و ما ا و
ي ء ر ب ا ت ١ يو . ا ھ ا ع ا ا ھ
ت . او او ت ت ا ت ا ت ا
ت ا ض و ت ا ھ ار ا هھ ا . ا / ت ا رو
، ت ا رد ما ت ا ا ء أ ا ت
ت و ء ا .
: ا ت ظأ ١ ا ر ا ةد ا و ما ا (
ي ء ر ب ا ت ا ١ ا يو
ا و نأ .ب ا ھ ن إو ب ا ت او ا ء أ ا
، ا ا ط و ، و أ ا ةد ا نأ ھو ، ا
ط أ ب ا و ، أ ا قطو ، و ، ب ا
.م ھ ةر إ أ ا و ، ا ا ٢ ا ا ا ا (
ا : ا و ما او ا ل ا ا ا ا
م ھاو ه ا ، ب ا او ا ا نو ا
: ا ا ا . ا ا ر ا دا ا ا ب ا
ا ا كھ لا ا لا و ، ط ء إ ن
ا ا ا ط ا .ة ا ا و
دا إ ا و ب ا ا ن ا
. ا ا و تاودأ ٣ ل ا ( نود ل ا ا ا
ارد ت و ر تارود ر ا : ا و ما ا
ا و تا ءا ر ا ؛ت او ت ا ن
ا إ ر ا ؛ ر ا ء وأ لا أ ما ا ل ا اد
اد ر ا و ؛ ا ا ط رد ا
او ت ا تا و ض ة أ ا و تا .

ا ت ا : ﻡا ﺳا ، ﺭ ﺳھ

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Efektifitas, Media Vidio, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektifitas, Media Vidio, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama > 297.267 Islam dan Seni, Islam dan Budaya, Seni Islam, Budaya Islam
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
000 Kelas Umum > 006.696 Digital Video/Video Digita
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 03 Oct 2024 00:45
Last Modified: 03 Oct 2024 00:45
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item