TATA KELOLA PENDIDIKAN KOLABORATIF ANTARA SEKOLAH, ORANGTUA DAN KOMUNITAS SANTRI TALENTS MAPPING (Studi tentang Kolaborasi pada TK Sekolah Alam Nurul Azkia Kota Baubau)

Rahmaniar Azi 2020040201014, R (2023) TATA KELOLA PENDIDIKAN KOLABORATIF ANTARA SEKOLAH, ORANGTUA DAN KOMUNITAS SANTRI TALENTS MAPPING (Studi tentang Kolaborasi pada TK Sekolah Alam Nurul Azkia Kota Baubau). Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmaniar Azi 2020040201014, Tata kelola Pendidikan kolaboratif antara
Sekolah, Orangtua dan Santri Talents Mapping (Studi tentang kolaborasi di TK
Sekolah Alam Nurul Azkia Kota Baubau). Tesis Program Studi manajemen
Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kendari,
pembimbing I; Dr. Masdin, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Samrin, M.Pd.I
Tesis ini membahas tentang Tata kelola Pendidikan kolaboratif antara Sekolah,
Orangtua dan Santri Talents Mapping (Studi tentang kolaborasi di TK Sekolah
Alam Nurul Azkia Kota Baubau). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan asas tata kelola pendidikan dan pendidikan kolaboratif antara sekolah,
orangtua dan komunitas santri talents mapping di TK Sekolah Alam Nurul Azkia
Kota Baubau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru, tenaga administrasi, orangtua, pengawas bidang pendidikan diniyah
dan praktisi talents mapping terkait tata kelola pendidikan di TK Sekolah Alam
Nurul Azkia Kota Baubau. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data
pada tesis ini menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan
yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan
atau verifikasi, hasil temuan ditulis dalam bentuk deskriptif. Tatakelola
pendidikan antara Sekolah, Orangtua dan Santri talents mapping di TK Sekolah
Alam Nurul Azkia yang Penulis teliti adalah berdasarkan asas tata kelola
pendidikan oleh Noor dan Rahmatlah (2018) yang disebut 4K dan 1T, yaitu
Keterbukaan, Kooperatif, Kolaboratif, Koordinasi, dan Transparansi juga
pendidikan kolaboratif oleh Walker (2017) yang mengatakan bahwa kolaborasi
dalam pendidikan terbentuk secara organik atau alamiah. Hasil dari penelitian ini
bahwa tata kelola pendidikan sudah berjalan dengan baik dan pendidikan
kolaboratif ini menghasilkan pemetaan potensi pada siswa untuk mengetahui sifat
produktifnya juga kekuatan dan keterbatasannya
ABSTRACT
Rahmaniar Azi 2020040201014, Collaborative Education Management among
Schools, Parents and Santri Talents Mapping (Study on collaboration in Nurul
Azkia Kindergarten in Baubau City). Thesis of Islamic Education Management
Study Program, Postgraduate of the Kendari State Islamic Institute, supervisor I;
Dr. Masdin, M.Pd and Advisor II Dr. Samrin, M.Pd.I
This thesis discusses about collaborative Education Governance among Schools,
Parents and Santri Talents Mapping (Studies on collaboration at Nurul Azkia
Kindergarten in Baubau City). This study aims to determine the implementation
of collaborative education and education governance among schools, parents and
the community of students with talent mapping at the Nurul Azkia Kindergarten
in Baubau City. The method used in this research is a qualitative method with a
case study approach. The subjects of this research are school principals, teachers,
administrative staff, parents, supervisors in the field of diniyah education and
practitioners of talents mapping related to education management at Nurul Azkia
Kindergarten in Baubau City. Data collection techniques in this study used
interviews, observation and documentation studies. The data analysis technique in
this thesis uses the Miles and Huberman model through four stages, namely data
collection, data reduction, data display, and drawing conclusions or verification,
the findings are written in descriptive form. Educational management between
schools, parents and students talent mapping at the Nurul Azkia Kindergarten
School which the author studied is based on the principles of education
governance by Noris and Rahmatlah (2018) which are called 4K and 1T, namely
Openness, Cooperative, Collaborative, Coordination, and Transparency as well.
collaborative education by Walker (2017) who says that collaboration in
education is formed organically or naturally. The results of this study indicate that
education governance has been going well and this collaborative education has
resulted in mapping the potential of students to find out their productive nature as
well as their strengths and limitations.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Tata kelola, Pendidikan, Kolaborasi, Pemetaan bakat
Uncontrolled Keywords: Tata kelola, Pendidikan, Kolaborasi, Pemetaan bakat
Subjects: Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:27
Last Modified: 31 Oct 2023 03:27
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item