PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 1 KAPONTORI

NUR AMIN AL-HUSNA (18010108061), N (2023) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 1 KAPONTORI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Amin Al-Husna, NIM: 18010108061, Pengaruh Pendekatan Jelajah
Alam Sekitar (JAS) Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem
Kelas X SMA Negeri 1 Kapontori. Skripsi. Program Studi Tadris Biologi
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Kendari. Pembimbing Oleh: Dr.Jumarddin La Fua S.Si, M.Si dan Nourma
Yulita, S.Pd.M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan
pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan model pembelajaran
Konvensional pada materi ekosistem. Biologi merupakan satu cabang sains yang
mempelajari fenomena makhluk hidup. Pembelajaran biologi sangat erat
kaitannya dengan fenomena alam yang terjadi di sekitar siswa. Salah satu cara
untuk mempelajari biologi dan fenomenanya adalah dengan pendekatan jelajah
alam sekitar. Keadaan lingkungan sekolah di SMA Negeri 1 Kapontori belum di
manfaatkan secara optimal untuk proses pembelajaran biologi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain Nonequivalent
Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh rombel
kelas X MIA SMA Negeri 1 Kapontori dan sampel terdiri dari dua kelas yakni
kelas eksperimen (kelas X MIA 3) yang diberi perlakuan Pendekatan Jelajah
Alam Sekitar (JAS) dan kelas kontrol (kelas X MIA 2) yang diberi perlakuan
Model Pembelajaran Konvensional.
Hasil penelitian yang diperoleh dari rata-rata kelas X MIA 2 sebagai
kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata pretest adalah 29.52 dan untuk posttest
79.63, sedangkan pada keas MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang dengan
menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) didapatkan hasil rata-rata
pada pretest sebesar 30.74 dan pada posttest setelah menggunakan Pendekatan
Jelajah Alam Sekitar diperoleh nilai rata-rata sebesar 86.37.
ABSTRACT
Nur Amin Al-Husna, NIM:18010108061, The influence of the Surrounding
Nature Exploration Aproach (JAS) on Student Learning Outcomes in
Ecosystem Material for Class X MIA Negeri 1 Kapontori. Thesis of Biology
Tadris Program, Faculty of Tarbiyah and llon Teacher Training Institute of
Islamic Religion, Kendari State. Supervisor By: Dr. Jumarddin La Fua S.Si,
M.Si and Nourma Yulita, S.Pd.M.Pd
This study aims to determine the effect of using the envirolmental
exploration learning approach (JAS) and conventional learning models on
ecosystem materials. Biology is a branch of sams that studies the phenomena of
living things. Biology learning is very closely related to natural phenomena is by
exploring the natural surroundings. The school environment at SMA Negeri 1
Kapontori has not been used optimally for the biology learning process.
This type of research is a cuantitative reserach with a quasi-experimental
method (quasi-eksperimental) using Nonequivalent Control Group Design design.
The populastion in this study is the entire class X MIA SMA Negeri 1 Kapontori
and the sample consists of two classes, namely the experimental class (class X
MIA 3) who were treated with the Surrounding Natire Exploration Approach
(JAS) and the control class (class X MIA 2) which was treated with the
Conventional Learning Model.
The results obtained from the average class X MIA 2 as the control class,
the average value for the pretest was 29,52 and for the posttest 79,63, while for the
MIA 3 class as the experimental class using the Surrounding Nature Exploration
Approach (JAS) the average results were obtained. The average at the pretest is
30,74 and in the postest after usning the Surrounding Noture Approach, the
average value is 86,37

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Jelajah Alam Sekitar, Ekosistem
Uncontrolled Keywords: Jelajah Alam Sekitar, Ekosistem
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:09
Last Modified: 01 Nov 2023 02:09
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item