SARI AMALIA NINGSI, S (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 57 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (5MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (5MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
1 COVER.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sari Amalia Ningsih. NIM. 18010104029. Meningkatkan Hasil Belajar
Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa
Kelas V SD Negeri 57 Kendari. Dibimbing oleh: Dr. Samrin M. M.Pd.I dan
Sufiani, M.Pd.I
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research).Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran Penddikan Agama Islam dengan
menerapkan metode pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas V SDN 57
Kendari pada tahun ajaran 2021/2022.Subjek dari penelitian ini adalah peserta
didik kelas V SDN 57 Kendari yang berjumlah 16 orang.Prosedur penelitin ini
menggunakan skema PTK Suharsimi Arikunto yang terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus.Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, wawancara dan
dokumentasi yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian
menunjukkan penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.Peningkatan dapat
ditunjukkan dari nilai pra siklus sampai siklus II. Dimana hasil pra siklus sebelum
pelaksanaan tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 50% dengan nilai ratarata
67,5. Kemudian dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 75% dengan rata-rata
74,37. Namun, belum mencapai indicator keberhasilan yaitu 80%, sehingga
dilanjutkan pada siklus II, yang mana hasil belajar siswa meningkat menjadi
87,5% dengan nilai rata-rata 80,62.
Kata kunci : Metode Index Card Match, Hasil Belajar dan Pendidika
Agama Islam.
ABSTRACT
Sari Amalia Ningsih. NIM. 18010104029. Improving Learning Outcomes of
Islamic Religious Education Through the Index Card Match Method in Class
V Students at SD Negeri 57 Kendari. Supervised by: Dr. Samrin M. M.Pd.I
and Sufiani, M.Pd.I
This research is Classroom Action Research. This research was carried out
with the aim of improving student learning outcomes in the Islamic Religious
Education subject by applying the Index Card Match learning method to fifth
grade students at SDN 57 Kendari in the 2021/2022 academic year. The subjects
of this study were 16 students in class V SDN 57 Kendari. The research procedure
used the Suharsimi Arikunto PTK scheme which consisted of planning,
implementing, observing and reflecting which was carried out in two cycles. Data
collection techniques used observation, learning achievement tests , interviews
and documentation that were analyzed qualitatively and quantitatively. The results
showed that the application of the Index Card Match method could improve
student learning outcomes in Islamic Religious Education Subjects. Improvements
could be shown from pre-cycle scores to cycle II. Where the results of the precycle
before
the
implementation
of
the
student's
completeness
action
only
reached
50%
with
an
average
value
of
67.5.
Then
the
action
of
the
first
cycle
showed
an
increase
in learning outcomes, learning completeness reached 75% with an
average of 74.37. However, the success indicator has not yet reached, namely
80%, so it is continued in cycle II, in which student learning outcomes increase to
87.5% with an average value of 80.62.
Keywords : Index Card Match Method, Learning Outcomes, Islamic
Religious Education.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Metode Index Card Match, Hasil Belajar dan Pendidika Agama Islam. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Index Card Match, Hasil Belajar dan Pendidika Agama Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 02:23 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 02:23 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/432 |
Actions (login required)
View Item |