STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN MODERASI BERAGAMA DI KELAS XI MIPA 2 SMAN 5 KENDARI

ALFIN, A (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN MODERASI BERAGAMA DI KELAS XI MIPA 2 SMAN 5 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
ALFIN (19010101203). “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan
Moderasi Agama di kelas XI MIPA 2 SMAN 5 Kendari”. (Dibimbing oleh Dr. H.
Moh. Yahya Obaid M. Ag dan Dr. Abbas S. Ag M.A).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Strategi Guru PAI dalam
Menerapkan Moderasi Beragama di Kelas XI MIPA 2 SMAN 5 Kendari. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru agama, dan siswa SMAN 5
Kendari. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kondensasi data, penyajian
data, dan verifikasi dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kehidupan keagamaan di kelas XI MIPA 2 SMAN 5 Kendari telah menerapkan nilainilai

Harmonisasi, Toleransi, Komitmen kebangsaan, dan Akomodatif terhadap
budaya lokal. Strategi Guru PAI dalam Menerapkan Moderasi Beragama di Kelas XI
MIPA 2 SMAN 5 Kendari, Strategi secara langsung meliputi pemberian
Nasehat/Motivasi, Arahan, dan teladan kepada siswa, Strategi secara tidak langsung
yaitu: 1) Berdoa bersama 2) Kerja kelompok 3) Infak/Penggalangan dana, dan piket
kelas. Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menerapkan Moderasi
Beragama di kelas XI MIPA 2 SMAN 5 Kendari, Faktor pendukungnya yakni
Kerjasama Guru dan dukungan kepala Sekolah. Faktor penghambatnya ialah
Kurangnya minat siswa dan Belum menjadi kegiatan prioritas sekolah. Implikasi dari
hasil penelitian ini adalah medorong para guru untuk lebih memperhatikan dan
meningkatkan pengawasan terhadap siswa dalam upaya penerapan modeasi
beragama.
Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama, Moderasi Beragama.

ABSTRACK
ALFIN (19010101203). "The Strategy of Islamic Religious Education Teachers in
Implementing Religious Moderation in class XI MIPA 2 SMAN 5 Kendari".
(Supervised by Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M. Ag, and Dr. Abbas S. Ag, M.A).

The purpose of this study was to find out about PAI Teachers' Strategies in
Implementing Religious Moderation in Class XI MIPA 2 SMAN 5 Kendari. The type
of research used in this study is Qualitative research. The data collection techniques
used are observation, interviews, and documentation. The informants in this study
were school principals, religious teachers, and students of SMAN 5 Kendari. Data
analysis is carried out using data condensation, data presentation, and verification and
conclusion telling. The results showed that religious life in class XI MIPA 2 SMAN 5
Kendari has applied the values of Harmonization, Tolerance, National Commitment,
and Accommodating to local culture. PAI Teachers' Strategies in Implementing
Religious Moderation in Class XI MIPA 2 SMAN 5 Kendari, Direct strategies
include giving advice/motivation, direction, and example to students, indirect
strategies, namely: 1) Praying together 2) Group work 3) Infak/fundraising, and class
pickets. The supporting and inhibiting factors for PAI teachers in implementing
Religious Moderation in class XI MIPA 2 SMAN 5 Kendari, the supporting factors
are teacher cooperation and the support of the principal. The inhibiting factor is the
lack of interest of students and has not become a priority activity of the school. The
implication of the results of this study is to encourage teachers to pay more attention
and increase supervision of students in an effort to implement religious moderation.
Keywords: Strategy, Religious Education Teacher, Religious Moderation.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi, Guru Pendidikan Agama, Moderasi Beragama.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama, Moderasi Beragama.
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:02
Last Modified: 08 Nov 2023 03:03
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item