KETERLIBATAN SISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 27 DOULE KEC. RUMBIA. KAB BOMBANA

SELFIANA AINUDIN(19010104068), S KETERLIBATAN SISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 27 DOULE KEC. RUMBIA. KAB BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (911kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (906kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
SELFIANA AINUDIN. NIM. 19010104068. “Keterlibatan Siswa Dalam
Penggunaan Media Konkret Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SDN
27 Doule Kec. Rumbia. Kab. Bombana”. Dibimbing oleh : Aliwar S.Ag, M.Pd
dan Ir. Muragmi Gazali M. Ed.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman keterlibatan
siswa dalam penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika di Kelas
III SDN 27 Doule Kec. Rumbia, Kab. Bombana. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan
data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan teknik
pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas III, guru dan
wali kelas III serta kepala sekolah SDN 27 Doule, ditemukan bahwa terdapat tiga
aspek keterlibatan siswa terhadap penggunaan media konkret dalam proses
pembelajaran di kelas yaitu : (1) Keterlibatan emosional, secara emosional tedapat
dua kategori, yaitu keterlibatan secara emosional secara positif dan keterlibatan
secara negative. Keterlibatan emosional secara positif yaitu siswa yang merespon
dengan gembira, antusias, dan aktif. Sedangkan keterlibatan secara negative yaitu
siswa yang lambat merespon,takut untuk bertanya atau kurang terlibat dalam
pembelajaran. (2) Keterlibatan kognitif, secara kognitif terdapat tiga aspek, yaitu
mengingat, memahami dan menerapkan. Mengingat adalah proses mengambil
pengetahuan yang dibutuhkan dari memori jangka panjang. Memahami adalah
proses menanamkan pengetahuan dari proses belajar yang didapatkan oleh siswa.
Sedangkan menerapkan adalah memperaktekkan, metode menerapkan dengan
menggunakan media konkret dalam pembelajaran merupakan kegiatan
pembelajaran yang memudahkan siswa dalam menghadapi masalah. (3)
Keterlibatan perilaku, memiliki faktor penilaian, diantaranya kehadiran siswa
disekolah dan bagaimana partisipasi dalam proses pembelajaran. Kehadiran di
sekolah adalah kehadiran dan keikutsertaan siswa secara fisik dan mental terhadap
aktivitas sekolah pada jam-jam efektif di sekolah. Dan Berpartisipasi adalah
pengambilan bagian atau ikut sertaanTerdapat beberapa faktor yang
mempengaruhi penggunaan media konkret seperti faktor individu yang dapat
dilihat langsung dari individu itu sendiri dan faktor lingkungan yang terbagi
menjadi hubungan teman sebaya dan lingkungan kelas. Faktor individu
merupakan parameter pengamatan secara langsung yang ada pada siswa. Dan
Faktor lingkungan adalah faktor luar yang mempengaruhi keterlibatan siswa
The purpose of this study was to determine how students' involvement in
the use of concrete media in mathematics learning in Grade III SDN 27 Doule
Kec. Rumbia, Kab. Bombana. This research is qualitative research with a
descriptive approach that uses data collection techniques in the form of
interviews, observations and documentation. Based on data collection techniques
conducted by researchers on grade III students, teachers and homeroom teachers
and principals of SDN 27 Doule, it was found that there are three aspects of
student involvement in the use of concrete media in the learning process in the
classroom, namely: (1) Emotional involvement, emotionally there are two
categories, namely positive emotional involvement and negative involvement.
Positive emotional engagement is students who respond happily, enthusiastically,
and actively. While negative engagement is students who are slow to respond,
afraid to ask questions or less engaged in learning (2) Cognitive involvement,
cognitively there are three aspects, namely remembering, understanding and
applying. Remembering is the process of retrieving needed knowledge from long�term memory. Understanding is the process of imparting knowledge from the
learning process obtained by students. While applying is acting, the method of
applying using concrete media in learning is a learning activity that makes it
easier for students to face problems. (3) Behavioral involvement, has assessment
factors, including student attendance at school and how to participate in the
learning process. School attendance is the physical and mental presence and
participation of students in school activities during effective school hours. There
are several factors that influence the use of concrete media such as individual
factors that can be seen directly from the individual himself and environmental
factors that are divided into peer relationships and classroom environment.
Individual factors are parameters of direct observation that exist in students.
Environmental factors are outside factors that influence student engagement .

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Keterlibatan siswa, emosional, kognitif, perilaku, individu dan lingkungan
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan siswa, emosional, kognitif, perilaku, individu dan lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:33
Last Modified: 14 Nov 2023 04:33
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item