PEMBENTUKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 12 KENDARI

Nurul Septiana Susanti(19010101040), N (2023) PEMBENTUKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 12 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Septiana Susanti. 19010101040. Pembentukan Sikap Moderasi
Beragama Pada Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di
SMP Negeri 12 Kendari. Dibimbing Oleh: Dr. H. Moh Yahya Obaid M. Ag
dan Dr. Abbas S.Ag, M.A
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis tentang pembentukan sikap
moderasi beragama pada siswa yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 12 Kendari melalui pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi
kasus (case study). Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai proses pembentukan
sikap moderasi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Data lalu
dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) Kehidupan keagamaan di SMP Negeri 12 Kendari berjalan dengan
optimal dengan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh siswa melalui
perintah guru dan kebijakan sekolah seperti kegiatan keagamaan yang rutin
dilaksanakan baik yang muslim maupun nonmuslim, kemudian pembiasaan
bersikap sopan, santun, jujur dan berbusana sesuai ajaran agama. 2) Pembentukan
sikap moderasi beragama pada siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Di Smp Negeri 12 Kendari menggunakan materi yang relevan seperti yang
terdapat dalam bab 13 “menyuburkan kebersamaan dengan toleransi dan
menghargai perbedaan” untuk kelas IX, dalam bab 9 “hormat dan patuh terhap
orang tua dan guru” untuk kelas VIII, dan dalam bab 8 “berempati itu mdah,
menghormati itu indah” untuk kelas VII. Dalam membentuk sikap moderasi ini
terdapat strategi penerapan moderasi yang digunakan yaitu; melalui pembelajaran
di dalam kelas dengan menggunakan materi yang relevan dengan berlandaskan
pada KI dan KD, kemudian melalui pembelajaran di luar kelas dengan
memberikan contoh teladan dalam kehidupan sehari-hari oleh guru serta
pembiasaan-pembiasan terhadap nilai-nilai moderasi beragama. Yang kemudian
dapat melahirkan sikap yang bertanggung jawab, dapat terbiasa menghargai
perbedaan, toleran, serta demokratis.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembentukan, Sikap Moderasi, Pembelajaran PAI
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Sikap Moderasi, Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:46
Last Modified: 14 Nov 2023 06:46
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item