METODE PEMBINAAN AKHLAK MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN KENDARI

Wa Ode Hardiana(1901010130), W (2023) METODE PEMBINAAN AKHLAK MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti tentang metode
yang dilakukan oleh pengurus Ma’had dalam pembinaan akhlak mahasantri yang
tinggal di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, berdasarkan observasi di lapangan
bahwa permasalahan-permasalahan yang ditemukan yaitu berkaitan dengan akhlak
mahasantri yang mana mahasiswa atau mahasantri yang tinggal di Ma’had memang
di dominasi oleh tamatan sekolah umum. Hal ini yang mendorong penulis untuk
mengkaji dan menelaah metode pembinaan yang dilakukan pengurus Ma’had kepada
mahasantri sehingga dapat mencetak alumni-alumni yang berakhlakul karimah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode pembinaan akhlak
mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Kendari dan untuk mengetahui apa saja faktor
penghambat dan pendukung dalam pembinaan akhlak mahasantri Ma’had Al-Jami’ah
IAIN Kendari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan
fenomenologi, menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi lapangan,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisisnya, penulis menggunakan
analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik dan aspek yang
relevan dengan fenomena yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
yang digunakan pengurus dalam pembinaan akhlak mahasantri Ma’had diantaranya
metode keteladanan , metode pembiasaan, metode pemberian nasehat, metode
perumpamaan, dan metode pemberian reward dan punishment. Selanjutnya faktor
pendukung dalam pembinaan akhlak mahasantri yaitu faktor lingkungan, sumber
daya manusia (SDM), mengadakan kerjasama dengan pihak lain, dan fasilitas
ma’had. Kemudian Faktor penghambat dalam pembinaan akhlak yaitu yang pertama
latar belakang pendidikan dari pendidikan non pesantren, mayoritas dari lulusan
sekolah umum, kedua kurangnya kesadaran mahasantri untuk berubah jadi lebih
baik, hal ini terlihat masih seringnya mahasantri melakukan pelanggaran, seperti
tidak mengikuti kegiatan atau aktivitas lainnya. Akhirnya peneliti merekomendasikan
kepada mahasantri yang tinggal di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari, bahwa
pembinaan akhlak yang dilaksanakan di asrama, baik melalui metode keteladanan,
pembiasaan, pemberian nasehat, perumpamaan, pemberian reward dan punishment
bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasantri tentang pentingnya pembinaan
akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Metode Pembinaan; Akhlak; Mahasantri
Uncontrolled Keywords: Metode Pembinaan; Akhlak; Mahasantri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:21
Last Modified: 14 Nov 2023 07:21
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item