PENGARUH PENDEKATAN SAIN TIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA MAN 01 BOMBANA

Aswiyani(18010108050), A (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAIN TIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA MAN 01 BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI ASWIYANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Aswiyani, NIM. 18010108050 Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan
Media Video Pembelajaran Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA MAN 1 Bombana,
Dibimbing Oleh:Bapak Ir. Muragmi Gazali M.Ed, dan Bapak Syarif Rizalia
M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan yang
signifikan setelah penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media video
pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1
Bombana(2) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas
eksperimen dan kelas kontrol kelas X IPA di MAN 1 Bombana (3) Untuk
mengetahui Pengaruh Penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media
video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan
berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1 Bombana Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif Eksperimen menggunakan desai Quasi Eksperimen. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif: Prasyarat analisis (uji
normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji perbedaan dua rata-rata, uji
t berpasangan dan uji tingkat efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah
menggunakan pendekatan saintifik menggunakan media video pembelajaran
Biologi pada materi pencemaran lingkungan hal ini dibuktikan dengan hasil
analisis uji-t berpasangan dengan nilai thitung 15,4079 > ttabel 2,080.(2) Pada pretest
keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak
terdapat perbedaan yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji
perbedaan dua rata-rata dengan nilai thitung 1,026 < ttabel 2,021 Sedangkan pada
postest hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaaan
yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil uji perbedaan dua rata-rata dengan
nilai thitung 4,099 > ttabel 2,021. (3) Penggunaan pendekatan saintifik menggunakan
media video pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan berpengaruh
meningkatkan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan uji N�Gain pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0,57 (N-Gain < 0,70)
dengan kategori sedang dan persentase cukup efektif. Sedangkan pada kelas
kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,42 (N-Gain < 0,70) dengan kategori sedag
dan persentase kurang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:00
Last Modified: 16 Nov 2023 07:00
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item