Aswiyani(18010108050), A (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAIN TIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA MAN 01 BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (533kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (603kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (113kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI ASWIYANI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Aswiyani, NIM. 18010108050 Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan
Media Video Pembelajaran Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA MAN 1 Bombana,
Dibimbing Oleh:Bapak Ir. Muragmi Gazali M.Ed, dan Bapak Syarif Rizalia
M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan yang
signifikan setelah penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media video
pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1
Bombana(2) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas
eksperimen dan kelas kontrol kelas X IPA di MAN 1 Bombana (3) Untuk
mengetahui Pengaruh Penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media
video pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan
berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1 Bombana Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif Eksperimen menggunakan desai Quasi Eksperimen. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif: Prasyarat analisis (uji
normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji perbedaan dua rata-rata, uji
t berpasangan dan uji tingkat efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah
menggunakan pendekatan saintifik menggunakan media video pembelajaran
Biologi pada materi pencemaran lingkungan hal ini dibuktikan dengan hasil
analisis uji-t berpasangan dengan nilai thitung 15,4079 > ttabel 2,080.(2) Pada pretest
keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak
terdapat perbedaan yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji
perbedaan dua rata-rata dengan nilai thitung 1,026 < ttabel 2,021 Sedangkan pada
postest hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaaan
yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil uji perbedaan dua rata-rata dengan
nilai thitung 4,099 > ttabel 2,021. (3) Penggunaan pendekatan saintifik menggunakan
media video pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan berpengaruh
meningkatkan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan uji N�Gain pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0,57 (N-Gain < 0,70)
dengan kategori sedang dan persentase cukup efektif. Sedangkan pada kelas
kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,42 (N-Gain < 0,70) dengan kategori sedag
dan persentase kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Media Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email Amnaa |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 07:00 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 07:00 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/529 |
Actions (login required)
View Item |