HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA MTs. IBNUL AMIN TAMPABULU KABUPATEN BOMBANA

RAHMA( 18010108064), R (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA MTs. IBNUL AMIN TAMPABULU KABUPATEN BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahma NIM 18010108064. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup
Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa MTs. Ibnul Amin Tampabulu
Kabupaten Bombana. Dibimbing oleh: Bapak Dr. Jumarddin La Fua S.Si,
M.Si dan Ibu Balda S.Si, M.Si
Guru di sekolah senantiasa mengarahkan dan mengingatkan siswa
untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan mengarahkan siswa untuk
membuat prakarya dari bahan bekas baik dari bahan oganik maupun anorganik
seperti yang telah dibuat oleh siswa yaitu memanfaatkan ranting pohon yang
sudah kering untuk dijadikan sebagai hiasan ruangan. Meskipun guru-guru telah
mengupayakan agar siswanya peduli terhadap lingkungan, namun masih ada saja
yang membuang sampah sembarangan. Tujauan dari penelitian ini adalah untuk:
1) mengetahui bagaimana pemahaman materi lingkungan hidup siswa MTs. Ibnul
Amin Tampabulu. 2) Untuk mengetahui bagaimana perilaku peduli lingkungan
siswa MTs. Ibnul Amin Tampabulu. Dan 3) Untuk menguji apakah terdapat
hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan perilaku peduli lingkungan
siswa MTs. Ibnul Amin Tampabulu. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI
MTs. Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel
sebesar 38 siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan alat ukur berupa
tes pilihan ganda dan angket yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik
analisis korelasional dengan menggunakan Pearsont Product Moment dan uji
prasyarat serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)
Pengetahuan lingkungan hidup siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten
Bombana memiliki frekuensi tertinggi 15 dengan interval 17 < X ≤ 35 yang
menunjukakan bahwa pengetahuan lingkungan hidup siswa MTs Ibnul Amin
Tampabulu Kabupaten Bombana berada pada kategori rendah. 2) Perilaku peduli
lingkungan siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten Bombana memiliki
frekuensi tertinggi 15 dengan interval 71 < X ≤ 77 yang menunjukkan bahwa
perilaku peduli lingkungan siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu Kabupaten
Bombana berada pada kategori cukup baik. 3) Hubungan pengetahuan lingkungan
hidup dengan perilaku peduli lingkungan siswa MTs Ibnul Amin Tampabulu
Kabupaten Bombana tidak memiliki hubungan dimana tingkat korelasinya sebesar
0,201 dan berada pada interval 0,20 – 0,1399 yang berarti tidak korelasi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: hubungan, pengetahuan lingkungan, perilaku peduli
Uncontrolled Keywords: hubungan, pengetahuan lingkungan, perilaku peduli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:16
Last Modified: 17 Nov 2023 01:16
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item