JANNATUL MA’WA SYAMSUL NIM: 17010104014, J (2023) TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MI ASY-SYAFIIYAH KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 27 November 2023. Download (4MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Jannatul Ma‟wa Syamsul, NIM 17010104014, Kepemimpinan Kepala Madrasah
dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Asy-Syafiiyah Kendari, dibimbing oleh :
Dr. H. Nur Alim M.Pd
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan tipe
kepemimpinan kepala madrasah yang diterapkan dalam meningkatkan kinerja guru
di MI Asy-Syafiiyah Kendari. 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya
yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI AsySyafiiyah
Kendari. 3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan kinerja guru di MI
Asy-Syafiiyah Kendari. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
studi kasus (case study). Data yang dikumpulkan adalah data yang berupa kata-kata,
gambar, dan bukan angka. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah 11
orang yang terdiri dari 1 orang kepala madrasah dan 7 orang guru, dan 3 orang
peserta didik. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan
tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan
tekhnik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta uji keabsahan
data menggunakan tekhnik trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa, tipe kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI
Asy-Syafiiyah Kendari menerapkan 3 (tiga) tipe kepemimpinan, yaitu tipe
kepemimpinan otoriter, tipe kepemimpinan permisif, dan tipe kepemimpinan
demokratis. Namun yang paling dominan diterapkan oleh kepala madrasah adalah
tipe kepemimpinan demokratis, hal ini dapat dilihat dari keseharian kepala madrasah
dalam mengambil dan memutuskan suatu kebijakan selalu melibatkan guru-guru
dengan cara mengajak guru-guru untuk andil dalam pelaksanaan rapat yang dipimpin
oleh kepala madrasah dalam hal ini kepala madrasah selalu menerima saran dan
kritikan serta pendapat dari guru-guru, mengenai gambaran kinerja guru sdapat
dikatakan baik karena dala kinerjanya sudah mengikuti standar pendidikan ssat ini
yaitu melaksanakan perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran,
melaksanakan evaluasi pembelajaran serta menerapkan prilaku disiplin.
Kata kunci : Tipe Kepemimpinan, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | tipe Kepemimpinan, Kinerja Guru |
Uncontrolled Keywords: | tipe Kepemimpinan, Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 02:19 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 02:19 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/642 |
Actions (login required)
View Item |