EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN SATAP 1 TIKEP KABUPATEN MUNA BARAT

La Ode Irwan Setiawan 18010101031., L EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN SATAP 1 TIKEP KABUPATEN MUNA BARAT. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2023.

Download (232kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN - ABSTRAK.pdf

Download (544kB)

Abstract

La Ode Irwan Setiawan 18010101031. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep Kabupaten Muna
Barat. Dibimbing oleh: Dr. Abdul kadir M. Pd dan Dra. Hj St Fatimah K M.A

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran
pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep, selama
penilaian tengah semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta
pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII, tata usaha, guru pendidikan agama
Islam budi pekerti dan kepala SMP Negeri Satap 1 Tikep. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi perencanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dan budi pekerti, guru telah menyiapakan perangkat-perangkat pembelajaran
dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 seperti silabus, RPP, prota, promes,
bahan ajar, buku guru, buku siswa, kisi-kisi soal, kumpulan soal dan alat evaluasi. (2)
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di
SMP Negeri Satap 1 Tikep terlaksana dengan baik sesuai tujuan pembelajaran
pendidikan agama Islam yang ada pada RPP, seperti penggunaan metode ceramah,
tanya jawab dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran dalam waktu dua jam
pembelajaran setiap pertemuan. (3) Evaluasi penilaian pembelajaran pendidikan
agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep menggunakan penilaian
formatif, penilaian subsumatif dan penilaian sumatif. Hasil penilaian formatif dan
subsumatif disampaikan dalam bentuk angka, sedangkan hasil penilaian sumatif
disampaikan dalam bentuk angka dan deskripsi. Penilaian formatif dan penilaian
subsumatif melakukan ulangan dengan menggunakan tes tertulis dan jenis soal
uraian (essay).
Kata Kunci: La Ode Irwan Setiawan 18010101031. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep Kabupaten Muna
Barat. Dibimbing oleh: Dr. Abdul kadir M. Pd dan Dra. Hj St Fatimah K M.A

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran
pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep, selama
penilaian tengah semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta
pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII, tata usaha, guru pendidikan agama
Islam budi pekerti dan kepala SMP Negeri Satap 1 Tikep. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi perencanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dan budi pekerti, guru telah menyiapakan perangkat-perangkat pembelajaran
dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 seperti silabus, RPP, prota, promes,
bahan ajar, buku guru, buku siswa, kisi-kisi soal, kumpulan soal dan alat evaluasi. (2)
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di
SMP Negeri Satap 1 Tikep terlaksana dengan baik sesuai tujuan pembelajaran
pendidikan agama Islam yang ada pada RPP, seperti penggunaan metode ceramah,
tanya jawab dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran dalam waktu dua jam
pembelajaran setiap pertemuan. (3) Evaluasi penilaian pembelajaran pendidikan
agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep menggunakan penilaian
formatif, penilaian subsumatif dan penilaian sumatif. Hasil penilaian formatif dan
subsumatif disampaikan dalam bentuk angka, sedangkan hasil penilaian sumatif
disampaikan dalam bentuk angka dan deskripsi. Penilaian formatif dan penilaian
subsumatif melakukan ulangan dengan menggunakan tes tertulis dan jenis soal
uraian (essay).
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Uncontrolled Keywords: La Ode Irwan Setiawan 18010101031. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep Kabupaten Muna Barat. Dibimbing oleh: Dr. Abdul kadir M. Pd dan Dra. Hj St Fatimah K M.A Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep, selama penilaian tengah semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII, tata usaha, guru pendidikan agama Islam budi pekerti dan kepala SMP Negeri Satap 1 Tikep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, guru telah menyiapakan perangkat-perangkat pembelajaran dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 seperti silabus, RPP, prota, promes, bahan ajar, buku guru, buku siswa, kisi-kisi soal, kumpulan soal dan alat evaluasi. (2) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep terlaksana dengan baik sesuai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada pada RPP, seperti penggunaan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran dalam waktu dua jam pembelajaran setiap pertemuan. (3) Evaluasi penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep menggunakan penilaian formatif, penilaian subsumatif dan penilaian sumatif. Hasil penilaian formatif dan subsumatif disampaikan dalam bentuk angka, sedangkan hasil penilaian sumatif disampaikan dalam bentuk angka dan deskripsi. Penilaian formatif dan penilaian subsumatif melakukan ulangan dengan menggunakan tes tertulis dan jenis soal uraian (essay). Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. La Ode Irwan Setiawan 18010101031. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep Kabupaten Muna Barat. Dibimbing oleh: Dr. Abdul kadir M. Pd dan Dra. Hj St Fatimah K M.A Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep, selama penilaian tengah semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII, tata usaha, guru pendidikan agama Islam budi pekerti dan kepala SMP Negeri Satap 1 Tikep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, guru telah menyiapakan perangkat-perangkat pembelajaran dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 seperti silabus, RPP, prota, promes, bahan ajar, buku guru, buku siswa, kisi-kisi soal, kumpulan soal dan alat evaluasi. (2) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep terlaksana dengan baik sesuai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada pada RPP, seperti penggunaan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran dalam waktu dua jam pembelajaran setiap pertemuan. (3) Evaluasi penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap 1 Tikep menggunakan penilaian formatif, penilaian subsumatif dan penilaian sumatif. Hasil penilaian formatif dan subsumatif disampaikan dalam bentuk angka, sedangkan hasil penilaian sumatif disampaikan dalam bentuk angka dan deskripsi. Penilaian formatif dan penilaian subsumatif melakukan ulangan dengan menggunakan tes tertulis dan jenis soal uraian (essay). Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Isl
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:13
Last Modified: 27 Nov 2023 03:13
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item