MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI PAUD KHAIRUNNISA KHOSABARA DESA POHORUA KECAMATAN MALIGANO KEBUPATEN MUNA

Sitti Nur Hayani, 18010105054, S (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI PAUD KHAIRUNNISA KHOSABARA DESA POHORUA KECAMATAN MALIGANO KEBUPATEN MUNA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2023.

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sitti Nur Hayani, 18010105054. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak
Melalui Permainan Kartu Angka di PAUD Khairunnisa Khosabara, Desa
Pohorua, Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna. Dibimbing oleh:
Erdiyanti, S.Ag., M.Pd Dan La Hewi, S.Pd.I., M.Pd.I

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka di PAUD Khairunnisa
Khosabara, Desa Pohorua, Kematan Maligano, Kabupaten Muna. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, dan penilaian. Sedangkan untuk model yang dipilih dalam
melakukan tindakan yaitu siklus model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Pela
ksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, pada setiap siklus
dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian
ini, menunjukkan bahwa permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan
kognitif anak di PAUD Khairunnisa Khosabara, Desa Pohorua, Kecamatan
Maligano, Kabupaten Muna. Perkembangan kemampuan kognitif anak melalui
permainan kartu angka di PAUD Khairunnisa Khosabara mengalami peningkatan
yang sangat baik. Pada siklus 1 pertemuan ketiga menunjukkan kemampuan
permainan kartu angka anak dominan berada pada kriteria ketuntasan 41.67% atau
berada pada kategori cukup.Pada siklus 2 pertemuan ketiga menunjukkan
kemampuan permainan kartu angka anak berada pada rentang penilaian
berkembang sesuai harapan dengan kriteria ketuntasan sebanyak 75% atau berada
dalam kategori baik. Kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka
pada indikator anak dapat mengklasifikasikan bentuk geometri dalam kartu angka
1-10, anak dapat mengenal warna dalam kartu angka 1-10 dan anak dapat
membilang banyaknya kartu angka 1-10 secara utuh kriteria ketuntasannya 75%.

Kata Kunci: Kognitif, Permainan Kartu Angka, Anak

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kognitif, Permainan Kartu Angka, Anak
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Permainan Kartu Angka, Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:29
Last Modified: 28 Nov 2023 05:29
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item