STRATEGI PEMBINA MA’HAD ILMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) NEGERI 1 KENDARI

WAHYUNI RIHALD 17010101018, W STRATEGI PEMBINA MA’HAD ILMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) NEGERI 1 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2023.

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

WAHYUNI RIHALDI, NIM: 17010101018. STRATEGI PEMBINA
MA’HAD ILMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS
AL-QUR’AN PADA SISWA MA NEGERI 1 KENDARI
(Dibimbing oleh: Dr. H. Moh Yahya Obaid M.Ag)

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kualitas baca tulis Al-Qur‟an siswa
Ma‟had Ilmi di MAN 1 Kendari. (2) Untuk mengetahui strategi pembina Ma‟had
Ilmi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an siswa di MAN 1 Kendari.
(3)Untuk mengetahui kendala yang dihadapi pembina Ma‟had Ilmi di MAN 1
Kendari terhadap kualitas bacaan Al-Qur‟an. Penelitian ini dilaksanakan melalui
metode desriktip kualitatif yang dilaksanakan di MAN 1 Kendari. Data
pelaksanaan diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Baca tulis Al-Qur‟an siswa Ma‟had Ilmi di
MAN 1 Kendari dalam mengikuti kegiatan tahsin terlihat dari tanggapan yang ada
sangat baik yang awalnya kurang lancar menjadi lebih lancar, mengetahui hukumhukum

tajwid, serta mampu membedakan setiap huruf hijaiyah dan makhrajil
hurufnya dan penulisan al-Qur‟an yang sesuai dengan kaidah dengan adanya
pengontrolan dan kedisiplinan yang dilakukan oleh para Pembina dan pengasuh
ma‟had itu sendiri.. Sedangkan untuk santri pemula sebelum melakukan latihan
menulis al-Qur‟an terlebih dahulu diberi bekal mengenai kaidah-kaidah penulisan
al-Qur‟an baru setelah itu mereka diberi kesempatan untuk menulis salah satu
surah di dalam al-Qur‟an. (2) strategi pembina Ma‟had Ilmi dalam meningkatkan
kualitas bacaan Al-Qur‟an di MAN 1 Kendari dalam meningkatakan partispasi
santri dalam mengikuti ta‟lim al-Qur‟an yaitu dengan strategi tutor teman sebaya,
strategi pendekatan persuasif, strategi pengelompokan santri dalam kelompok
kecil strategi ta‟lim amma/ ta‟lim umum, strategi pemberian reward dan
punishment, strategi tadarus serta strategi pembiasaan. (3) Kendala yang dihadapi
pembina Ma‟had Ilmi di MAN 1 Kendari terhadap kualitas bacaan Al-Qur‟an
yaitu sulit mengatur waktu dan menghadapi santri yang berbeda karakter.
Pembina senantiasa melakukan pengontrolan tiap saat, baik pengontrolan dalam
mengikuti kegiatan ma‟had ataupun pengontrolan aktivitas didalam ma‟had itu
sendiri, Hal ini dikarenakan seluruh santri ma‟had ilmi adalah siswa, siswa ini
memiliki tugas dua kali lipat dibanding siswa pada umumnya yang tidak tinggal di
ma‟had. Hal ini membuat pembina harus sigap menangani santri yang tidak
mengikuti kegiatan ma‟had baik dengan alasan sedang memiliki kegiatan sekolah
seperti mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, mengerjakan tugas kelompok maupun
alasan-alasan lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:35
Last Modified: 28 Nov 2023 05:35
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item