STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MI AL-MU’MININ KENDARI

RAHMA 2020040201016, R (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MI AL-MU’MININ KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahma. 2020040201016. Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru
Pada MI Al-Mu‟minin Kendari. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing I; Prof. Dr. H. Nur
Alim M.Pd dan Pembimbing II Dr. Imelda Wahyuni S,S, M.Pd.I.
Tesis ini membahas tentang strategi kepala madrasah dalam Meningkatka kinerja guru
Pada MI Al-Mu‟minin Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru,
strategi kepala madrasah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan
kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Masalah yang dikemukakan dalam
penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana kinerja guru MI Al-Mu‟minin Kendari. 2).
Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MI AlMu‟minin

Kendari; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah
kepala madrasah, 4 guru, dan pengawas pembina guru. Pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Tehnik
analisis data pada tesis ini menggunakan empat tahapan yaitu koleksi data, reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala
madrasah dalam peningkatan kinerja guru dengan cara melakukan perencanaan,
pelaksanaan dan pengawasan kepada guru. Hal ini dapat dilihat dari berbagai strategi
atau langkah-langkah yang dilakukan kepala madrasah diantaranya 1). Perencanaan
peningkatan kinerja guru melalui pengembangan diri, Perencanan Pembagian tugas
kepada guru oleh kepala madrasah, Pemberian motivasi kepada guru, iklim kerja yang
nyaman bagi guru 2). Pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan
kinerja guru dengan mengikutkan guru dalam kelompok kerja guru (KKG), pendidikan
dan pelatihan (diklat), workshop. dll. membangun dan menegakkan disiplin kerja guru
3). Pengawasan pelaksanaan yang dilakukan oleh kepala madrasah yakni melaksanakan
supervisi yang dilakukan terhadap guru dalam meningkatkan kinerja guru.
Kata Kunci: Kinerja guru, Strategi, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kinerja guru, Strategi, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, Strategi, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:10
Last Modified: 28 Nov 2023 06:10
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item