PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS SISWA KELAS XI DI MAN 1 MUNA

Mirnawati, NIM: 19010101009., M (2023) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS SISWA KELAS XI DI MAN 1 MUNA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Mirnawati, NIM: 19010101009. Pengaruh Kemampuan Membaca Qur’an
Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Kelas XI di
MAN 1 Muna, Dibimbing Oleh: Dra. Hj. Siti Fatimah Kadir M.A dan
Halistin M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan membaca Qur‟an siswa
kelas XI di MAN 1 Muna; 2) hasil belajar mata pelajaran Qur‟an Hadits siswa
kelas XI di MAN 1 Muna; dan 3) pengaruh kemampuan membaca Qur‟an
terhadap hasil belajar mata pelajaran Qur‟an Hadits siswa kelas XI di MAN 1
Muna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif degan pendekatan statistik
deskriptif dan statistik inferensial. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI di MAN 1 Muna. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan
XI IPS yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah lembar pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian
menunjukkan 1) kecenderungan kemampuan membaca Qur‟an siswa kelas XI
MAN 1 Muna termasuk pada kategori sedang dengan jumlah 43 siswa (83%); 2)
kecenderungan hasil belajar mata pelajaran Qur‟an Hadits siswa kelas XI MAN 1
Muna termasuk pada kategori tuntas dengan jumlah 38 siswa (73%); dan 3)
Berdasarkan nilai



dan nilai siginifikansi
sebesar 0,000<0,05 yang berarti terdapat pengaruh kemampuan membaca Qur‟an
terhadap hasil belajar siswa. Kemudian nilai koefisien determinasi menunjukkan
pengaruh kemampuan membaca Qur‟an terhadap hasil belajar mata pelajaran
Qur‟an Hadits siswa kelas XI di MAN 1 Muna sebesar 0,657 (65,7%).
Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Quran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Membaca Quran, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:25
Last Modified: 06 Jul 2023 05:25
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item