STUDI KORELASIONAL ANTARA BERPIKIR KRITIS DAN KESADARAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 10 KONAWE SELATAN

Ningsih, NIM. 18010108053, N (2023) STUDI KORELASIONAL ANTARA BERPIKIR KRITIS DAN KESADARAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 10 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ningsih, NIM. 18010108053 Studi Korelasional Antara Berpikir Kritis dan
Kesadaran Metakognitif Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Di
Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Konawe Selatan, Dibimbing Oleh: Bapak Dr.
Mansyur, M.Pd dan Ibu Rosmini, S.Si., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah ada
hubungan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri
10 Konawe Selatan, (2) Untuk mengetahui apakah ada hubungan kesadaran
metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10
Konawe Selatan. (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan berpikir kritis dan
kesadaran metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri
10 Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas IPA di SMA Negeri 10 konawe selatan, sampel yang digunakan pada
penelitian ini yaitu sebanyak 51 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) pada peserta didik. Tehnik
analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis statistik deskriptif, tehnik analisis
inferensial: uji prasyarat (uji normalitas), uji linearlitas dan uji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis deskriptif data variabel berpikir
kritis hasil belajar sebesar 13,7% dengan persamaan regresi sebesar ̂= 64,847 +
0,103 X1. Nilai 13,7% berada dalam kategori lemah, hal ini menunjukkan bahwa
terdapat hubungan antara berpikir kritis dengan hasil belajar. 2) Analisis deskriptif
data variabel kesadaran metakognitif hasil regresi sebesar 15,5% dengan persmaan
regresi sebesar ̂= 62,771 + 0,394 X2. Nilai 15,5% berada dalam kategori lemah, hal
ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesadaran
metakognitif dengan hasil belajar

Kata Kunci :Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif, Hasil Belajar

ABSTRACT
Ningsih. SID. 18010108053. Correlational Study between Critical Thinking and
Metacognitive Awareness with Biology Learning Outcomes of Class XI Science
Students at SMA Negeri 10 Konawe Selatan. Supervised by: Dr. Mansyur, M.Pd
and Rosmini, S.Si., M.Pd
This study aims to determine: (1) To find out whether there is a relationship between
critical thinking and biology learning outcomes of class XI science students at SMA
Negeri 10 Konawe Selatan, (2) To find out whether there is a relationship between
metacognitive awareness and biology learning outcomes of class XI science students
at SMA Negeri 10 Konawe Selatan, and (3) To find out whether there is a
relationship between critical thinking and metacognitive awareness with the biology
learning outcomes of class XI science students at SMA Negeri 10 Konawe Selatan.
This research is a quantitative research using the Survey method. The populations in
this study were all students of class XI science at SMA Negeri 10 Konawe Selatan,
and the samples used in this study were 51 samples. The data collection technique
used in this study was a questionnaire to students. The data analysis technique used is
descriptive statistical analysis technique, inferential analysis technique: prerequisite
test (normality test), linearity test and research hypothesis testing. The results showed
that: 1) Descriptive analysis of critical thinking variable data on learning outcomes
was 13.7% with a regression equation of ̂= 64,847 + 0,103 X1. The score of 13.7%
is in the weak category, this shows that there is a relationship between critical
thinking and learning outcomes. 2) Descriptive analysis of metacognitive awareness
variable data from a regression of 15.5% with a regression equation of ̂= 62,771 +
0,394 X2. The score of 15.5% is in the weak category, this shows that there is a
significant relationship between metacognitive awareness and learning outcomes.

Keywords: critical thinking; metacognitive awareness; learning outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:08
Last Modified: 14 Jul 2023 07:08
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item