ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MIN 2 KONAWE SELATAN

RADHA DAMARYANTI (19010104082), R (2023) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MIN 2 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Radha Damaryanti, Nim 19010104082, Analisis Kesulitan Guru Dalam
Mengimplementasikan Penilaian Autenti Pada Peserta Didik Berdasarkan
Kurikulum 2013 Di MIN 2 Konawe Selatan (Dibimbing Oleh Muhammad
Syarwa Sangila, S.Pd, M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Bagaimana
implementasi penilaian autentik pada peserta didik berdasarkan kurikulum 2013.
2). Bagaimana kesulitan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan
penilaian autentik pada peserta didik nerdasarkan kurikulum 2013. 3). Upaya guru
dalam mengatasi kesulitan penilaian autentik pada peserta didik berdasarkan
kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dokumentasi dan angket terbuka yang selanjutnya dianalisis dengan
cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1). Penilaian autentik di MIN 2 Konawe Selatan telah
diterapkan dengan cukup baik oleh para guru dan sudah sesuai dengan aspek�aspek yang ada pada penilaian autentik yaitu aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik. 2). Kesulitan guru dalam menerapkan penilaian autentik yaitu: guru
masih kurang memahami penilaian autentik, selain itu guru juga mengalami
kesulitan dalam proses penilaian pada aspek kognitif yaitu pada kemampuan
pemahaman peserta didik dalam memahami materi, sedangkan pada aspek afektif
yaitu pada sikap kedisiplinan, adapun pada aspek psikomotorik yaitu pada
penilaian produk. 3). Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan
tersebut yaitu dengan cara guru mencari referensi-referensi di google terkait
penilaian autentik, pada aspek kognitif guru melakukan remedial, sedangkan pada
aspek afektif guru memberikan teguran pada peserta didik dan bekerja sama
dengan orang tua untuk membantu membimbing peserta didik. Adapun pada
aspek psikomotorik guru melakukan bimbingan langsung kepada peserta didik
yang mengalami kesulitan dalam membuat produk. Rekomendasi untuk kegiatan
selanjutnya adalah untuk terus mengembangkan implementasi penilaian autentik
agar tidak terdapat kesulitan dalam pelaksanaanya.
ABSTRAK
Radha Damaryanti, Nim 19010104082, Analysis of Teacher Difficulties in
Implementing Authentic Assessment for Students Based on the 2013
Curriculum at MIN 2 Konawe Selatan (Supervised by Muhammad Syarwa
Sangila, S.Pd, M.Pd)
This study aims to describe: 1). How to implement authentic assessment
on students based on the 2013 curriculum. 2). How the difficulties faced by
teachers in implementing authentic assessment on students based on the 2013
curriculum. 3). Teacher's efforts in overcoming the difficulties of authentic
assessment on students based on the 2013 curriculum. This research is a
qualitative research with a descriptive approach. The data collection methods used
were observation, interviews, documentation and open questionnaires which were
then analyzed by means of data reduction, data presentation and drawing
conclusions. The research results show that: 1). Authentic assessment at MIN 2
Konawe Selatan has been implemented quite well by teachers and is in
accordance with the existing aspects of authentic assessment, namely cognitive,
affective and psychomotor aspects. 2). The teacher's difficulties in implementing
authentic assessment are: the teacher still does not understand authentic
assessment, besides that the teacher also experiences difficulties in the assessment
process on the cognitive aspect, namely on the ability to understand students in
understanding the material, while on the affective aspect, namely in the attitude of
discipline, as for the psychomotor aspect namely on product assessment. 3). The
solution made by the teacher in overcoming these difficulties is by looking for
references on Google related to authentic assessment, on the cognitive aspect the
teacher does remedial, while on the affective aspect the teacher gives a warning to
students and works together with parents to help guide participants educate. As
for the psychomotor aspect, the teacher provides direct guidance to students who
have difficulty making products. The recommendation for further activities is to
continue to develop the implementation of authentic assessment so that there are
no difficulties in its implementation.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kesulitan guru, penilaian autentik
Uncontrolled Keywords: Kesulitan guru, penilaian autentik
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:56
Last Modified: 01 Dec 2023 01:56
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item