ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SD NEGERI SATAP 11 KONAWE SELATAN (KONSEL)

VERA SARI (190101041070, V (2023) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SD NEGERI SATAP 11 KONAWE SELATAN (KONSEL). Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

BSTRAK
Vera Sari, Nim 19010104107, Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan
Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SDN Satap 11
Konawe Selatan (Dibimbing Oleh Dr. H. Moh Yahya Obaid M.Ag, dan Aliwar
S.Ag. M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kesulitan guru dalam
perencaan pembelajaran tematik. 2) Kesulitan guru dalam penerapan pembelajaran
tematik. 3) Kesulitan guru dalam evaluasi pembelajaran tematik. 4) solusi yang
dilakukan untuk mengatasi kesulitan pada perencaan, penerapan, dan evaluasi
pembelajaran temaatik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskritif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan
menjadi data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi,
wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dilakukan
dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan tringaulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: dalam
1). Perencanaan pembelajaran guru kelas rendah SDN Satap 11 Konsel kesulitan
saat menentukan alokasi waktu pembelajaran, memadukan muatan pelajaran ke
dalam langkah-langkah pembelajaran, menentukan indikator pencapaian
kompetensi serta menyediakan media pembelajaran berupa alat peraga asli. 2).
Kesulitan guru kelas rendah dalam menerapkan pembelajaran teamatik kurikulum
2013 di kelas rendah SDN Satap 11 Konsel, guru kesulitan saat menerapkan
pembelajaran tematik yang pada muatan pelajaran IPA, SBdP, PJOK, dan
Matematika karena konsep materi yang terkandung pada muatan pelajaran tesebut
lebih merujuk pada aspek psikomotorik dan memang harus melakukan beberapa
praktek serta menghasilkan hasil karya. 3). Kesulitan yang dihadapi guru kelas
rendah dalam mendesain evaluasi pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 di
kelas rendah SDN Satap 11 Konsel, guru kesulitan dalam melakukan penilaian pada
aspek afektif, membuat instrumen rubrik penilaian dan pengimputan nilai akhir di
raport yang berdasarkan muatan pelajaran bukan. 4). Solusi yang dilakukan yakni
menggunakan buku guru sebagai panduan penyusunan RPP, menggunakan media
gambar sebagai pengganti media alat peraga, dan memisahkan penilaian antar tema
menjadi antar muatan pelajaran untuk pengimputan nilai raport.
ABSTRACT
Vera Sari, Nim 19010104107, Analysis of Teachers' Difficulties in
Implementing Thematic Learning of the 2013 Curriculum in the Low Grades
of SDN Satap 11 Konawe Selatan (Guided by Dr. H. Moh Yahya Obaid M.Ag,
and Aliwar S.Ag. M.Pd).
This study aims to find out: 1) Teacher difficulties in thematic learning
planning. 2) Teacher difficulties in the application of thematic learning. 3) Teacher
difficulties in thematic learning evaluation. 4) solutions undertaken to overcome
difficulties in planning, implementing, and evaluating thematic learning. This
research uses qualitative research methods with a descriptive approach. The types
of data in this study are classified into primary and secondary data. The data
collection method consists of observation, interviews, and documentation which is
then analyzed by means of data reduction, data presentation and conclusions.
Checking the validity of data is carried out by extending observations, increasing
persistence and tringaulasi. Based on the results of research conducted researchers
show that: in 1). Learning planning for low-grade teachers of SDN Satap 11 Konsel
has difficulties when determining the allocation of learning time, integrating lesson
content into learning steps, determining indicators of competency achievement and
providing learning media in the form of original teaching aids. 2). The difficulty of
low-grade teachers in implementing teamatic learning of the 2013 curriculum in the
lower grades of SDN Satap 11Konsel, teachers have difficulty when applying
thematic learning in the content of Science, SBdP, PJOK, and Mathematics lessons
because the concept of the material contained in the lesson content refers more to
psychomotor aspects and indeed has to do some practice and produce work. 3). The
difficulties faced by low-grade teachers in designing evaluations in thematic
learning of the 2013 curriculum in the lower grades of SDN Satap 11 Konsel,
teachers have difficulty in assessing affective aspects, making assessment rubric
instruments and implementing final grades on report cards that are based on lesson
content instead of. 4). The solution is to use the teacher's book as a guide for
preparing lesson plans, use image media as a substitute for teaching aids, and
separate assessments between themes into lesson content for the implementation of
report cards.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kesulitan Guru, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Guru, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar
Subjects: 700 Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:16
Last Modified: 01 Dec 2023 02:16
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item