PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 1 BONEGUNU

MUHAMMAD USKLAF: 19010104055, M (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 1 BONEGUNU. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (777kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD USKLAF.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Usklaf. Nim. 19010104055. Penerapan Model Pembelajaran Realistic
Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas V Di SDN 1 Bonegunu. Dibimbing oleh: Imaludin Agus M.Pd dan
Muhammad Syarwa Sangila S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan dengan menerapkan model
pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada kelas V SDN 1
Bonegunu. 2) Memberikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa
khususnya mata pelajaran Matematika materi pokok Bangun Ruang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa
kelas V SDN 1 Bonegunu yang berjumlah 26 orang. Desain penelitian tindakan
kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi
perencanaan, tindakan, pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil
belajar siswa pada siklus I dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan
57,69% dengan rata-rata sebesar 66,35 dan meningkat pada siklus II degan
kategori sangat baik yaitu persentase ketuntasan 92,31% dengan rata-rata 87,50.
Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui
penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). 2)
Pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran Matematika dengan menerapkan
model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berjalan dengan baik
sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan dengan mengacu pada langkah�langkah model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME).
Kata Kunci: Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar
Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar Matematika
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 05 Dec 2023 03:30
Last Modified: 05 Dec 2023 03:30
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item