UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI SMK NEGERI 2 KENDARI

EVAN SUNASTIN 19010101029, E (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI SMK NEGERI 2 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (490kB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (302kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2023.

Download (533kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Evan Sunastin. NIM. 19010101029 “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Meningkatkan Self Control Siswa di SMK Negeri 2 Kendari”.
Dibimbing oleh: Sitti Aisyah Mu’min S.Ag., dan Drs. La Boy, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) gambaran self control siswa di SMK
Negeri 2 Kendari. (2) upaya guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
self control siswa di SMK Negeri 2 Kendari, (3) hambatan guru PAI dalam
meningkatkan self control siswa di SMK Negeri 2 Kendari. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.
Adapun pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penelitiannya
menggunakan teori Miles dan Hubermen yakni reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini: (1) self control siswa
kelas XI jurusan Teknik Energi Surya Hidro dan Angin (TESHA) SMK Negeri 2
Kendari ketika mengikuti tawuran, menyikapi ajakan ikut tawuran, berkelahi, cara
merespon ketika melihat teman terlibat perkelahian serta cara merespon ketika
melihat teman di bullying adalah bagian dari cara siswa dalam merespon suatu
keadaan yang sejalan dengan bertambahnya usia mereka. Pada kemampuan
mengontrol emosi, siswa belum mampu mengontrol emosinya dengan tepat. Hal ini
dikarenakan ada rasa terusik siswa akan peristiwa yang diterima, maka akan
memunculkan emosi marah yang belum terkendalikan di siswa. Pada kemampuan
siswa dalam menyikapi peristiwa dengan penuh pertimbangan terlihat sudah baik.
Sedangkan pada kemampuan bertanggungjawab atas keputusan yang diambil
adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Energi Surya Hidro dan Angin (TESHA)
bersegera melakukan apa yang sudah menjadi keputusannya dengan tanggung
jawab yang baik. (2) Upaya Guru PAI dalam meningkatkan self control siswa SMK
Negeri 2 Kendari diantaranya: memberikan nasehat dan motivasi, memberikan
keteladanan, serta pemberian sanksi dan hukuman dan tak lupa juga dengan
kerjasama upaya guru PAI dengan kepala sekolah pada kegiatan yasinan dan sholat
Jum’at yang selalu diselipkan penanaman self control pada penyampaian nasehat
setelah Yasinan dan Khutbah di Sholat Jum’at. (3) Hambatan yang dihadapi oleh
guru PAI dalam meningkatkan self control siswa SMK Negeri 2 Kendari berasal
pihak anak itu sendiri dan kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua.
Sehingga diperlukannya pemberian nasehat dengan berkali-kali kepada siswa.
Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Self Control

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Upaya, Guru PAI, Self Control
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru PAI, Self Control
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:14
Last Modified: 06 Dec 2023 06:14
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item