IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DI TK PKK LEPO-LEPO KOTA KENDARI

NURHAWA18 04 02 01 018, N (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DI TK PKK LEPO-LEPO KOTA KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 7 December 2023.

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS NURHAWA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurhawa, NIM: 1804020101018, “Implementasi Manajemen Pengembangan
Tenaga Pendidik di TK PKK Lepo-Lepo Kota Kendari”, Sebagai Pembimbing I
Dr. Muh. Shaleh, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Ros Mayasari, M.Si
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan
implementasi manajemen pengembangan tenaga pendidik di TK PKK Lepo-Lepo
Kota Kendari, (2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang
mempengaruhi terlaksananya pengembangan tenaga pendidik di TK PKK Lepo�Lepo Kota Kendari, (3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan model
pengembangan tenaga pendidik di TK PKK Lepo-Lepo Kota Kendari. Jenis
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi tentang implementasi manajemen
pengembangan tenaga pendidik di TK PKK Lepo-Lepo Kota Kendari. Hasil
penelitian adalah: (1) Pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di TK PKK
Lepo-Lepo Kendari sudah melaksanakan manajemen pengembangan tenaga
pendidik dengan cara mengadakan kegiatan pembinaan dan pengembangan
pendidik yang terencana mulai dari perekrutan, pembinaan guru dan pelatihan
pendidik sehingga pendidik memperbaharui informasi dan meningkatkan kualitas
pendidik, (2) Faktor yang mempengaruhi terlaksananya pengembangan tenaga
pendidik di TK PKK Lepo-Lepo Kota Kendari, faktor pendukung di antaranya
sarana prasarana yang memadai, motivasi diri dan kepala sekolah. Sedangkan
faktor penghambat yaitu adanya kesibukan dari setiap pendidik dan adanya jadwal
sekolah yang bersamaan dengan agenda, (3) Model pengembangan tenaga
pendidik di TK PKK Lepo-Lepo Kota Kendari adalah model lesson study dan
training/pelatihan. Kedua model ini terlaksana dalam bentuk kegiatan
pengembangan guru, antara lain: Kelompok Kerja Guru (KKG), seminar, diklat,
workshop, studi banding dan pembinaan internal oleh sekolah. Pengembangan
tenaga pendidik dengan model lesson study dan training (pelatihan) dapat
meningkatkan kompetensi guru dan mendidik anak usia dini dengan tepat, efektif,
serta kontekstual.
Kata Kunci : Implementasi Manajemen, Pengembangan Tenaga Pendidik

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: : Implementasi Manajemen, Pengembangan Tenaga Pendidik
Uncontrolled Keywords: : Implementasi Manajemen, Pengembangan Tenaga Pendidik
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 07 Dec 2023 05:12
Last Modified: 07 Dec 2023 05:12
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item