STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPN 09 KABAENA BARAT

Intan Indah Permatasari. . 19010101092, I (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPN 09 KABAENA BARAT. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (648kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (543kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2023.

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (573kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Intan Indah Permatasari. NIM. 19010101092 “Strategi Guru PAI dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di SMPN
09 Kabaena Barat”. Dibimbing oleh : Dr. H. Supriyanto, M.Ag dan Dr. Aris
Try Andreas Putra, M.Pd
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 09 Kabaena Barat. penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas
VII di SMPN 09 Kaaena Barat, 2) strategi guru PAI dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 09 Kabaena Barat, 3)
Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 09 Kabaena Barat.
Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan manfaat baik
secara teoritis maupun praktis, juga bermanfaat bagi mahasiswa dan juga bagi
peneliti. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
tes dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis
deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an
siswa berbeda-beda setiap individunya. Adapun strategi guru, seperti
mengelompokkan siswa dengan tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an,
pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran PAI dimulai, dan
penerapan baca simak Al-Qur’an. Faktor pendukung dalam meninngkatkan
kemampuan membaca Al-ur’an siswa di antaranya: guru PAI yag kompeten,
sarana dan prasarana sekolah yang memadai.Sedangkan faktor penghambat dalam
menigkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa diantaranya: kurangnya
minat siswa untuk mempelajari Al-Qur’an, kurangnya kesadaran dan perhatian
orang tua terhadap perkembangan anaknya serta keterbatasan waktu
pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan, Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: : Strategi Guru, Kemampuan, Membaca Al-Qur’an
Uncontrolled Keywords: : Strategi Guru, Kemampuan, Membaca Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:55
Last Modified: 08 Dec 2023 02:55
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item