PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 KENDARI

Mappajanci. 18010108018, M (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN - ABSTRAK.pdf

Download (563kB)

Abstract

Mappajanci. NIM 18010108018. Judul: Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru
Biologi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MAN 1 Kendari. Dibimbing oleh:
Rosmini, S.Si., M.Pd dan Nourma Yulita, S.Pd, M.Pd
Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh
seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk
memudahkan peserta didik memahami materi pembelajaran. Guru biologi di MAN 1
Kendari sudah menggunakan strategi dalam mengajar, tapi masih ada sebagian anak�anak yang memiliki motivasi belajar yang kurang. Hal ini disebabkan karena kurang
terampilnya guru dalam menggunakan strategi yang variatif. Tujuan dalam penelitian
ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran guru biologi di MAN 1
Kendari; 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di MAN 1 Kendari; 3) Untuk
mengetahui pengaruh strategi pembelajaran guru biologi terhadap motivasi belajar
siswa di MAN 1 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik proporsional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)
Strategi pembelajaran guru biologi di MAN 1 Kendari termasuk dalam kategori
sedang; 2) Motivasi belajar siswa kelas XI IPA di MAN 1 Kendari berada pada
kategori sedang; 3) Ada pengaruh strategi pembelajaran guru (X) terhadap motivasi
belajar siswa (Y). Setelah dilakukan uji t diperoleh harga thitung sebesar 5,149 dan
ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,668. Hal ini menunjukkan bahwa thitung
lebih besar dari ttabel yang berarti pengaruh strategi pembelajaran terhadap motivasi
belajar siswa adalah signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran; Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Strategi Pembelajaran; Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:49
Last Modified: 11 Dec 2023 01:49
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item