Novidayanti M. 18010104054, N (2023) STUDI KASUS SISWA LAMBAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 11 December 2023. Download (2MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Novidayanti M. 18010104054, Studi Kasus Siswa Lamban Belajar Pada
Pembelajaran Tematik di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe
Selatan. Dibimbing oleh: Dra. Hj. St Fatimah K, M.A dan Muhammad
Ilham, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pengalaman siswa
lamban belajar di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe Selatan dan
mendeskripsikan faktor penyebab siswa lamban belajar. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
Pengalaman siswa lamban belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Konawe
Selatan yaitu: Pengalaman siswa lamban belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2
Konawe Selatan yaitu siswa lamban belajar ini rata-rata pernah mengalami tinggal
kelas atau tidak naik kelas. Kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas sangat
kurang karena terkadang siswa bisa mengerjakan tugas dan terkadang juga tidak
bisa tergantung dari tingkat kesulitan dari tugas tersebut. Siswa lamban belajar
juga sering terlambat dalam mengerjakan tugasnya. Dari segi aspek inteligensi
siswa lamban belajar rata-rata respon siswa pada proses pembelajaran kurang
baik, disebabkan karena pada umumnya siswa lamban belajar tersebut banyak
diam, menghayal dan merasa bosan sehingga siswa lamban belajar tersebut
membuatnya tidak paham dengan materi yang dijelaskan oleh guru. Serta tingkat
belajar siswa lamban belajar pada proses pembelajaran sangat rendah. Pada
umumnya siswa lamban belajar mengalami kesulitan yang berhubungan dengan
hafalan apabila diberi tugas hafalan seperti menghafal perkalian ataupun surah�surah pendek serta pelajaran lainnya. Dari segi aspek sosial siswa lamban belajar
selama di sekolah tergolong baik dalam lingkup pertemanan siswa lamban belajar
mampu melakukan penyesuaian diri atau masih melakukan interaksi dengan
teman sebayanya. serta adapun dari segi aspek moral pada siswa lamban belajar
tergolong baik, misalnya dari segi religiusitas siswa lamban belajar kerap
melakukan sholat berjamaah dengan siswa yang lainnya. Adapun faktor penyebab
siswa lamban belajar antara lain: 1) Keterbatasan kapasitas kognitif; 2) Memori
atau daya ingat rendah; 3) Gangguan dan kurang konsentrasi; 4) Ketidakmampuan
mengungkapkan ide; 5) Rata-rata prestasi belajarnya rendah; 6) Daya tangkap
terhadap pelajaran lambat; 7) Aspek bahasa atau komunikasi; 8) Aspek emosi.
Kata Kunci: Siswa Lamban, Slow Learner, Pengalaman Siswa, Faktor
Penyebab
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Siswa Lamban, Slow Learner, Pengalaman Siswa, Faktor Penyebab |
Uncontrolled Keywords: | Siswa Lamban, Slow Learner, Pengalaman Siswa, Faktor Penyebab |
Subjects: | Pendidikan Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 02:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 02:47 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2335 |
Actions (login required)
View Item |