MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN LOMPAT GEOMETRI PADA KELOMPOK B1 DI RA AISYIYAH NURHAQ BARUGA

Suriani 18010105059, (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN LOMPAT GEOMETRI PADA KELOMPOK B1 DI RA AISYIYAH NURHAQ BARUGA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2023.

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suriani 18010105059. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk
Geometri Melalui Bermain Lompat Geometri Pada Kelompok B1 di RA
Aisyiyah Nurhaq Baruga yang Dibimbing oleh: Aliwar S.Ag M.Pd dan La
Hewi, S.Pd.I., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk
geometri melalui bermain lompat geometri pada anak kelompok B1 di RA
Aisyiyah Nurhaq Baruga. Jenis Penelitian yang digunakan adalah model desain
penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dikembangkan oleh Kemmis dan
Taggart yang memiliki empat tahapan, perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Subyek penelitian 16 anak kelompok B1 yang terdiri dari 5 laki-laki dan
11 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan anak mengenal bentuk
geometri melalui lompat geometri. Data perkembangan kemampuan anak
mengenal bentuk geometri diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan
penilaian yang kemudian di analisis menggunakan presentase. Penelitian
dilakukan dengan 2 siklus tiap siklus mengembangkan dua indikator dengan tiga
kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan nilai ketuntasan kemampuan
mengenal bentuk geometri yang meningkat setiap siklusnya. Hal ini dapat
dibuktikan pada hasil pra tindakan terlihat yang belum tuntas ada 15 anak pada
kriteria belum berkembang dengan persentase 93.75%. Sedangkan anak yang
tuntas pada kriteria berkembang sesuai harapan hanya ada 1 anak dengan
persentase 6.25% yang berarti keberhasilan anak mengenal bentuk geometri masih
tergolong kurang. Pada tindakan siklus I terdapat 15 anak yang tuntas, dimana ada
13 berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dengan persentase 81.25%.
dan 2 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik dengan persentase 12.5%
yang berarti kemampuan anak tergolong sangat baik. Sedangkan 1 anak belum
tuntas berada pada kriteria mulai berkembang dengan persentase 6.25%.
Peningkatan Siklus I ini diperoleh dari kemampuan anak menunjukan dan
menyebutkan enam bentuk geometri. Pada siklus II ada 16 anak yang tuntas,
dimana ada 2 anak berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dengan
persentase 12.5% dan ada 14 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik
dengan persentase 87.5% yang berarti keberhasillan anak mengenal bentuk
geometri tergolong sangat baik. Peningkatan pada siklus II ini diperoleh dari
kemampuan anak mengelompokkan dan mengurutkan bentuk geometri. Maka
dapat disimpulkan bahwa penggunaan bermain lompat dapat meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok BI di RA Aisyiyah
Nurhaq Baruga.
Kata kunci: Bermain Lompat, Geometri, Anak RA

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Bermain Lompat, Geometri, Anak RA
Uncontrolled Keywords: Bermain Lompat, Geometri, Anak RA
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:32
Last Modified: 11 Dec 2023 03:32
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item