PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS 1 SDN 25 ULUNGKURA KEC. KABAENA TENGAH KAB. BOMBANA

Indah Pridayani. 17010104079, I (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS 1 SDN 25 ULUNGKURA KEC. KABAENA TENGAH KAB. BOMBANA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2023.

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indah Pridayani. NIM.17010104079. Penggunaan Media Gambar Animasi
Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas 1 SDN 25
Ulungkura Kec. Kabaena Tengah Kab. Bombana. Dibimbing oleh: Aliwar
S.Ag, M.Pd dan Muhammad Ilham S.Pd. M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan
membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Animasi Di Kelas 1
SDN 25 Kec. Kabaena Tengah Kab. Bombana, Pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 25 Ulungkura pada tahun ajaran
2021/2022 dengan jumlah siswa 14 orang. Penelitian ini yang dilakukan
sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur
penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan
refleksi.Waktu pertemuan yaitu 3x35 menit, setiap pertemuan ke 2 masing�masing siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan
membaca permulaan siswa. Indikator keberhasilan siswa dalam penelitian ini
adalah adanya peningkatan kmampuan membaca siswa dilihat dari meningkatnya
rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 78.57%. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa
mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes awal sebelum menggunakan media
gambar animasi menunjukan nilai rata-rata mencapai 65,07 dengan persentase
ketuntasan mencapai 28,57%. Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan
dengan nilai rata-rata mencapai 69,71 dengan presentase ketuntasan mencapai
42,85% dan persentase peningkatan 49,98%, namun belum mencapai indikator
keberhasilan yaitu 75%, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II,
kemampuan membaca permulaan meningkat dengan nilai rata-rata 78,78 dengan
presentase ketuntasan 78,57% dan persentase peningkatan 83,36% . Dengan
demikian media gambar animasi dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulaan siswa.
Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan. Media
Gambar Animasi, Bahasa Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan. Media Gambar Animasi, Bahasa Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan. Media Gambar Animasi, Bahasa Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:13
Last Modified: 11 Dec 2023 06:13
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2342

Actions (login required)

View Item View Item