PENERAPAN METODE GURU DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTSN 2 KENDARI

Meli Nurmiati19010101013, M (2023) PENERAPAN METODE GURU DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTSN 2 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (429kB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (50kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2023.

Download (319kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (639kB)

Abstract

Meli Nurmiati. NIM 19010101013 “Metode Guru Fikih Dalam Pembelajaran di
MTsN 2 Kendari” Dibimbing oleh :Dra. Marlina M.Pd., dan Dr.Abdul Muiz Amir
Lc.,M.Th.i
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskam metode guru fikih dalam
pembelajaran yang mengajar di kelas VII yaitu dengan penggunaan 3 metode
pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi dan demonstrasi serta melihat
pelaksanaan pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran yang terdapat di
MTsN 2 Kendari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriftif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi terhadap penerapan metode pembelajaran oleh guru fikih. Data lalu
dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik
dan triangulasi waktu. Hasil penelitian dalam rumusan masalah adalah :(1)
Pelaksanaan pembelajaran fikih di kelas VII 4 MTsN 2 Kendari pada persiapan
pembelajaran guru mempersiapkan RPP sebagai acuan pembelajaran serta
penggunaan metode pembelajaran hal ini dilakukan agar mempermudah siswa
dalam memahami materi fikih pada saat pembelajaran (2) Penerapan metode
pembelajaran ceramah, diskusi dan demonstrasi pada mata pelajaran fikih di MTsN
2 Kendari dilakukan dengan mengikuti pelaksanaan dari tahap-tahap masing�masing metode mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap penutup.(3)
faktor-faktor metode pembelajaran guru fikih belum mampu memberikan
pemahaman yang baik kepada siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 2 Kendari
yaitu indikator–indikator masing-masing metode pembelajaran yang tidak
terpenuhi, media pembelajaran yang terbatas, situasi mengajarguru yang mana
hampir 55% siswa mengalami kesulitan dalam menghafal karena guru cenderung
menggunakan metode ceramah
Kata Kunci : Metode, Guru Fikih, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Metode, Guru Fikih, Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode, Guru Fikih, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:11
Last Modified: 11 Dec 2023 07:11
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item