Meli Nurmiati19010101013, M (2023) PENERAPAN METODE GURU DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTSN 2 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.
Text
1.COVER.pdf Download (429kB) |
|
Text
2.BAB I.pdf Download (46kB) |
|
Text
3.BAB II.pdf Download (234kB) |
|
Text
4.BAB III.pdf Download (50kB) |
|
Text
5.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 11 December 2023. Download (319kB) |
|
Text
6.BAB V.pdf Download (36kB) |
|
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text
8.LAMPIRAN.pdf Download (639kB) |
Abstract
Meli Nurmiati. NIM 19010101013 “Metode Guru Fikih Dalam Pembelajaran di
MTsN 2 Kendari” Dibimbing oleh :Dra. Marlina M.Pd., dan Dr.Abdul Muiz Amir
Lc.,M.Th.i
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskam metode guru fikih dalam
pembelajaran yang mengajar di kelas VII yaitu dengan penggunaan 3 metode
pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi dan demonstrasi serta melihat
pelaksanaan pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran yang terdapat di
MTsN 2 Kendari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriftif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi terhadap penerapan metode pembelajaran oleh guru fikih. Data lalu
dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik
dan triangulasi waktu. Hasil penelitian dalam rumusan masalah adalah :(1)
Pelaksanaan pembelajaran fikih di kelas VII 4 MTsN 2 Kendari pada persiapan
pembelajaran guru mempersiapkan RPP sebagai acuan pembelajaran serta
penggunaan metode pembelajaran hal ini dilakukan agar mempermudah siswa
dalam memahami materi fikih pada saat pembelajaran (2) Penerapan metode
pembelajaran ceramah, diskusi dan demonstrasi pada mata pelajaran fikih di MTsN
2 Kendari dilakukan dengan mengikuti pelaksanaan dari tahap-tahap masing�masing metode mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap penutup.(3)
faktor-faktor metode pembelajaran guru fikih belum mampu memberikan
pemahaman yang baik kepada siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 2 Kendari
yaitu indikator–indikator masing-masing metode pembelajaran yang tidak
terpenuhi, media pembelajaran yang terbatas, situasi mengajarguru yang mana
hampir 55% siswa mengalami kesulitan dalam menghafal karena guru cenderung
menggunakan metode ceramah
Kata Kunci : Metode, Guru Fikih, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Metode, Guru Fikih, Pembelajaran |
Uncontrolled Keywords: | Metode, Guru Fikih, Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:11 |
URI: | http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2345 |
Actions (login required)
View Item |