PENGARUH DISIPLIN DAN RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA NEGERI 1 KENDARI

Ika Safitri. 19010101171, I (2023) PENGARUH DISIPLIN DAN RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA NEGERI 1 KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (808kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (783kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (995kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (981kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ika Safitri. 19010101171. Pengaruh Disiplin dan Religius Terhadap Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMA Negeri 1 Kendari. Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Institut Agama Islam Negeri Kendari. Pembimbing : Sitti Aisyah Mu’min
S.Ag,M.Pd dan Amanda La Hadi M.Pd.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kendari, bertujuan: 1) Untuk
mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara disiplin dan religius terhadap
hasil belajar PAI siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap hasil
belajar PAI siswa. 3) Untuk mengetahui pengaruh religius terhadap hasil belajar
PAI siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei kausalitas dengan
pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kendari dengan
jumlah populasi dan sampel sebanyak 105 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis data
menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian
pada siswa SMA Negeri 1 Kendari menunjukkan bahwa: 1) Disiplin dan religius
secara bersama-sama/ simultan tidak berpengaruh langsung dan signifikan
terhadap hasil belajar PAI siswa, dengan nilai signifikansi 0,265 > 0,05 dengan
sumbangan disiplin dan religius sebesar 2,6 % terhadap hasil belajar PAI siswa. 2)
Disiplin tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa, dengan
nilai signifikan 0,205 > 0,05, dengan sumbangan disiplin terhadap hasil belajar
siswa sebesar 1,6%. 3) Religius tidak berpengaruh terhadap hasil belajar PAI
siswa, dengan nilai signifikan 0,374 > 0,05, dengan sumbangan religius terhadap
hasil belajar PAI siswa sebesar 8%.
Kata Kunci: Disiplin, Religius, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Disiplin, Religius, Hasil Belajar PAI
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Religius, Hasil Belajar PAI
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 13 Dec 2023 00:34
Last Modified: 13 Dec 2023 00:34
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item