HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI 18 LALONGGOMBU KONAWE SELATA

PIRNI ROSALIA (15010104076 ), P (2023) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI 18 LALONGGOMBU KONAWE SELATA. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (682kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Pirni Rosalia, NIM: 15010104076. Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri 18 Lalonggombu Konawe Selatan, Dibimbing Oleh: Dra. Hj. St Fatimah K M.A dan Sufiani M.Pd.I
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana pengelolaan kelas di kelas V SD Negeri 18 Lalonggombu Konawe Selatan. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 18 Lalonggombu Konawe Selatan. (3) untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 18 Lalonggombu Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 18 Lalonggombu Konawe Selatan, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 20 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) pada peserta didik dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif, teknik analisis statistik inferensial: uji prasyarat (uji normalitas) dan uji regresi linear sederhana, serta teknik analisis statistik hipotesis: uji korelasi pearson product moment dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan kelas pada kelas V menunjukkan bahwa kecenderungan indikator pengelolaan kelas pada siswa kelas V terletak pada kategori sedang. (2) hasil belajar siswa kelas V pada materi ikhlas mata pelajaran pendidikan agama islam menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar pada materi ikhlas pada siswa kelas V SD Negeri 18 Lalonggombu Konawe Selatan termasuk pada kategori sedang. (3) Hubungan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar, berdasarkan hasil output tabel Correlation nilai sig (2-tailed = 0,014) < 0,025 maka terdapat hubungan/korelasi antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar pada kelas V SD Negeri 18 Lalonggombu, nilai pearson correlation didapat sebesar 0,539 artinya menunjukkan hubungan yang positif bahwa semakin tinggi pengelolaan kelas semakin tinggi pula hasil belajar. Koefisien korelasi sebesar 0,539 dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi sedang karena berada pada rentang 0,40-0,599.
ABSTRACT
Pirni Rosalia, NIM: 15010104076. The Relationship Between Classroom Management and Learning Outcomes of Class V Students at SD Negeri 18 Lalonggombu, Konawe South. In Guided By: Dra. Hj. St Fatimah K M.A and Sufiani M.Pd.I
Interest research this is (1) to find out how the classroom management in class V of SD Negeri 18 Lalonggombu, Konawe South. (2) to find out the learning outcomes of class V at SD Negeri 18 Lalonggombu, Konawe South. (3) to determine the relationship between classroom management and the learning outcomes of class V at SD Negeri 18 Lalonggombu, Konawe South. The population in this study were all class V at SD Negeri 18 Lalonggombu, Konawe South, the samples used in this study were 20 samples. The data collection technique used in this study used a questionnaire (questionnaire) on students and student learning outcomes. The data analysis techniques used are descriptive statistical analysis techniques, inferential statistical analysis techniques: prerequisite test (normality test) and simple linear regression test, as well as hypothesis statistical analysis techniques: Pearson product moment correlation test and coefficient of determination test. Results of the study show that: 1) class management in class V showed that the tendency of class management indicators for class 5 students was in the moderate category. (2) student learning outcomes on the sincere material of Islamic religious education shows that the tendency of learning outcomes on sincere material in fifth grade students of SD Negeri 18 Lalonggombu Konawe Selatan is in the medium category. (3) The relationship between classroom management and learning outcomes, based on the results of the Correlation table output, the value of sig (2-tailed = 0.014) < 0.025, then there is a relationship/correlation between classroom management and learning outcomes in class V SD Negeri 18 Lalonggambu, the Pearson correlation value is obtained at 0.539 means that it shows a positive relationship that the higher the class management, the higher the learning outcomes. The correlation coefficient of 0.539 can be concluded that the correlation value is medium because it is in the range of 0.40-0.599

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: pengelolaan kelas, hasil belajar
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, hasil belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:08
Last Modified: 13 Dec 2023 01:08
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

View Item View Item