PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI 13 KONAWE SELATAN

Nelvi(18010108044), N (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI 13 KONAWE SELATAN. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2023.

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nelvi NIM 18010108044. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa SMA Negeri 13 Konawe Selatan. Dibimmbing Oleh: Bapak Abdul Kadir, M. Pd. Dan Ibu Balda, S. Si., M. Si.
Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas siswa dan terdapat unsur permainan. Selain model pembelajaran, kreativitas juga memiliki peran penting agar pembelajaran berjalan dengan baik, sehingga kreativitas dapat dilatih dan dikembangkan. Adapun tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT; untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar biologi dan kreativitas siswa sebelum diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol; untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar biologi dan kreativitas siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen; untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar biologi dan kreativitas siswa sesudah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilakukan selama kegiatan proses pembelajaran berhasil dengan baik dengan nilai rata-rata sebesar 78,13% untuk guru dan 73,13% untuk siswa. Tidak ada perbedaan nilai hasil belajar biologi dan kreativitas siswa sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen dengan memperoleh nilai sebesar 41,56 dan 58,19% maupun kelas kontrol dengan memperoleh nilai sebesar 40,05 dan 56,35%. Adanya perbedaan antara nilai hasil belajar biologi dan kreativitas siswa sebelum diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan memperoleh nilai sebesar 41,56 dan 58,81% dan sesudah diberikan perlakuan dengan memperoleh nilai sebesar 80,24 dan 73,38%. Adanya perbedaan antara nilai hasil belajar biologi dan kreativitas siswa sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan memperoleh nilai sebesar 80,24 dan 73,38% dan kelas kontrol dengan memperoleh nilai sebesar 73,25 dan 55,76%.
Kata Kunci: TGT, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar Biologi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: TGT, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar Biologi.
Uncontrolled Keywords: TGT, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar Biologi.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:18
Last Modified: 19 Dec 2023 01:18
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item