KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS I MIN 1 KENDARI

Muh Iqbal Ramadhan, Nim 2020010104117, M (2023) KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS I MIN 1 KENDARI. Diploma thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muh Iqbal Ramadhan, Nim 2020010104117, Keterampilan Guru Mengelola Kelas
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas di MIN 1 Kendari (Dibimbing
Oleh Dr. Samrin, M.Pd.I dan Raehang S.Ag M.Pd.I )
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan guru mengelola
kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MIN 1 Kendari. 2) motivasi
belajar siswa kelas 1 di MIN 1 Kendari. 3) kendala yang dihadapi guru dalam mengelola
kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MIN 1 Kendari . Penelitian
ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data
dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode
pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya
dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan panarikan kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan
triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: keterampilan
guru mengelola kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MIN 1
Kendari, bahwa guru kelas I A dalam menciptakan suasana belajar yang tepat dan efektif
mampu menanamkan disiplin pada diri siswa, serta guru kelas I dalam melaksanakan
interaksi pada saat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sudah mempunyai keterampilan
dalam pengelolaan kelas. motivasi belajar siswa kelas 1 di MIN 1 Kendari berdasarkan
hasil yang telah peneliti lakukan terkait motivasi belajar sudah berjalan dengan baik,
namun ada beberapa siswa yang harus diberikan pengawasan khusus. Kendala guru dalam
mengelola kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MIN 1 Kendari
salah satu kendala dalam mengembangkan keterampilannya dalam mengelola kelas adalah
adanya perubahan kurikulum dan kompetensi guru itu sendiri, yang mana pada kelas I ini,
baru tahun ini diterapkan sistem belajarnya menggunakan kurikulum Merdeka Belajar
yakni menggunakan sistem pembelajaran profil belajar pancasila.
Kata Kunci: Keterampilan Guru, Mengelola Kelas, Motivasi Belajar.
Muh Iqbal Ramadhan, Nim 2020010104117, Teacher Skills in Managing Classes in
Increasing Class Students' Learning Motivation at MIN 1 Kendari (Guided by Dr.
Samrin, M.Pd.I and Raehang S.Ag M.Pd.I
This research aims to describe: 1) How teachers' classroom management skills
increase the learning motivation of grade 1 students at MIN 1 Kendari. 2) What is the
learning motivation of grade 1 students at MIN 1 Kendari. 3) What are the teacher's
obstacles in managing the class in increasing the learning motivation of grade 1 students
at MIN 1 Kendari. This research uses qualitative research methods with a descriptive
approach. The types of data in this research are classified into primary data and secondary
data. The data collection method consists of interviews, observation and documentation
which are then analyzed by means of data reduction, data presentation and drawing
conclusions. Checking the validity of the data is carried out by extending observations,
increasing persistence and triangulation. Based on the results of the research conducted, it
shows that: the teacher's skills in managing the class in increasing the learning motivation
of class 1 students at MIN 1 Kendari, that the class I A teacher in creating an appropriate
and effective learning atmosphere is able to instill discipline in students, as well as the
class I teacher in carrying out interactions When implementing teaching and learning
activities, they already have skills in classroom management. The learning motivation of
class 1 students at MIN 1 Kendari based on the results of what researchers have done
regarding learning motivation has gone well, but there are some students who need to be
given special supervision. Teachers' obstacles in managing classes in increasing the
learning motivation of class 1 students at MIN 1 Kendari. One of the obstacles in
developing their skills in managing classes is the change in the curriculum and teacher
competence itself, which in class I, only this year, a learning system using the curriculum
has been implemented. Merdeka Belajar uses the Pancasila learning profile learning
system
Keywords: Teacher Skills, Class Management, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Kata Kunci: Keterampilan Guru, Mengelola Kelas, Motivasi Belajar. Keywords: Teacher Skills, Class Management, Learning Motivation.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Guru, Mengelola Kelas, Motivasi Belajar. Keywords: Teacher Skills, Class Management, Learning Motivation.
Subjects: 000 Kelas Umum
Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: iainkdi PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:09
Last Modified: 05 Feb 2024 04:09
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2450

Actions (login required)

View Item View Item