Strategi Guru Dalam Pembinaan Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IV di MIN 2 Konawe Selatan

Adhe Meri Astuti, NIM. 19010104024, A (2023) Strategi Guru Dalam Pembinaan Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IV di MIN 2 Konawe Selatan. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ADHE MERI ASTUTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam
pembinaan akhlak pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Konawe Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang juga merupakan penelitian
lapangan (Field research). Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa: (1) gamnbaran akhlak yang dimiliki peserta
didik kelas IV di MIN 2 Konawe Selatan, yaitu masih ada peserta didik kelas IV
di MIN 2 Konawe Selatan yang memiliki akhlak atau perilaku yang kurang baik
dalam berkata juga dalam berprilaku kepada orang lain dan lingkungan, maka dari
itu masih perlunya bimbingan dari berbagai pihak terutama dari guru yang ada di
MIN 2 Konawe Selatan (2) Strategi guru dalam pembinaan pada kelas IV di MIN
2 Konawe Selatan, strategi yang digunakan dalam membina akhlak pada kelas IV
di MIN 2 Konawe Selatan dalam bentuk beberapa metode dianataranya;
pembinaan dengan memberikan keteladanan, pembinaan dengan pembiasaan,
pembinaan dengan memberikan nasehat, dan pembinaan dengan memberikan
sangsi atau hukuman (3) Faktor-faktor yang mendukung dalam pembinaan akhlak
diantaranya keteladanan dari guru, fasilitas sekolah, dan penghargaan (riward),
selanjutnya faktor-faktor yang menghambat pembinaan akhlak diantaranya;
sarana dan prasarana, kurangnya perhatian orang tua, teman sebaya, dan media
sosial serta game online.

The aim of this research is to determine teacher strategies in developing
morals for class IV students at MIN 2 South Konawe. This research uses a
qualitative approach which is also field research. In this research, data was
collected using observation, interview and documentation techniques. The data
analysis used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The
results of this research show that: (1) the description of the morals of class IV
students at MIN 2 South Konawe, namely that there are still class IV students at
MIN 2 South Konawe who have bad morals or behavior in what they say and
behave towards people. others and the environment, therefore there is still a need
for guidance from various parties, especially from teachers at MIN 2 South
Konawe (2) Teacher strategies in coaching class IV at MIN 2 South Konawe,
strategies used in developing morals in class IV at MIN 2 South Konawe in the
form of several methods including; coaching by providing an example, coaching
by habituation, coaching by giving advice, and coaching by giving sanctions or
punishments (3) Factors that support moral development include the teacher's
example, school facilities, and awards, then the factors which hinder moral
development include; facilities and infrastructure, lack of attention from parents,
peers, and social media and online games.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Strategi guru, Pembinaan dan Akhlak Teacher strategies, coaching and morals
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, Pembinaan dan Akhlak Teacher strategies, coaching and morals
Subjects: Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:09
Last Modified: 05 Feb 2024 06:09
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2456

Actions (login required)

View Item View Item