PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 MANDONGA KOTA KENDARI

SRI MUNAWANGI, NIM.15010104012, S (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 MANDONGA KOTA KENDARI. Diploma thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada
materi bangun datar melalui penerapan model pembelajaran Example Non
Example. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana
penerapan model pembelajaran Example Non Example dalam meningkatkan
pemahaman konsep bangun datar siswa kelas IV SD Negeri 07 Mandonga Kota
Kendari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
di SD Negeri 07 Mandonga Kota Kendari sebanyak 2 siklus dengan objek
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumalah 22 siswa yang terdiri dari 9
siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Adapaun instrument yang digunakan
yaitu dokumentasi, tes hasil belajar, lember observasi guru dan siswa. Sedangkan
faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah faktor siswa, guru dan materi,
prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
evaluasi dan refleksi. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal
75% siswa mendapat nilai ≥70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non
Example dalam meningkatkan pemahaman konsep Bangun Datar siswa kelas IV
SD Negeri 07 Mandonga Kota Kendari yang dilakukan seacara bersiklus, pada
siklus I pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 70% dan aktivitas siswa
mencapai 70%. siklus I pertemuan kedua aktivitas guru mencapai 85% dan
aktivitas siswa mencapai 80%. Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua
aktivitas guru dan siswa mencapai 100% aktif. Sedangkan Hasil belajar yang
diperoleh siswa kelas IV sebelum tindakan pada mata pelajaran Matematika
memperoleh presentase keberhasilan 27,27%, dengan nilai rata-rata 57,27. Setelah
dialakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar,
adapun presentase nilai siswa siklus I yaitu 63,63% dengan nilai rata-rata 71,82.
Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan
pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase
keberhasilan mencapai 90,91% dengan nilai rata-rata 85,91 atau siswa mendapat
nilai >70 sebanyak 20 orang dan 2 orang belum mencapai nilai 70, maka model
pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan pemahaman konsep
siswa pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar di SD Negeri 07
Mandonga Kota Kendari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Model Pembelajaran Example Non Example, Pemahaman Konsep, Materi Bangun Datar
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Example Non Example, Pemahaman Konsep, Materi Bangun Datar
Subjects: 200 Agama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with email Amnaa
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:40
Last Modified: 05 Feb 2024 06:40
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item