PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 KENDARI

PUTRI SASKIA, NIM: 19010101137, P (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
CAVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
PUTRI SASKIA, NIM: 19010101137. Pengaruh Penggunaan Media Visual
Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 9 Kendari
(Dibimbing oleh: Dr. Masdin M.Pd., dan Imaludin Agus M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa
yang diajakan menggunakan media visual pada mata pelajaran PAI. (2)Untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan
menggunakan model konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh
hasil belajar siswa menggunakan media visual dan model konvensional. Penelitian
ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian
Posttest Only Control Design, pada desain ini penulis hanya melakukan postes
untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas
X IPS SMA N 9 Kendari, selanjutnya pemilihan sampel ditetapkan menggunakan
teknik random sampling, yakni memilih dua kelas dengan nilai yang hampir sama
atau homogen, berdasarkan hasil pengundian kelas X IPS 1 terpilih sebagai kelas
kontrol dan X IPS 2 terpilih sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media visual dapat
dilihat dari nilai rata-rata yaitu 78, sedangkan nilai KKM 73. Dengan demikian
penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (2) Hasil belajar
siswa dengan menggunakan model konvensional dapat dilihat dari nilai rata-rata
yaitu 66, sedangkan nilai KKM 73. Dengan demikian proses pembelajaran dengan
model konvensional masih kurang efektif. (3) Terdapat pengaruh hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan menggunakan media visual dan yang diajarkan dengan
model konvesional. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengolahan data yang
dijelaskan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, sehingga nilai thitung = 6,98 dan ttabel =
1,7109 dengan taraf signifikansi 5%, artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Maka hal
ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan menggunakan
media visual dan model konvensional.
Kata kunci: Media Visual Dan Hasil Belajar.

ABSTRACT
PUTRI SASKIA, NIM: 19010101137. The Influence of Using Visual Media
on Learning Outcomes in Islamic Religious Education at SMA Negeri 9
Kendari (Supervised by: Dr. Masdin M.Pd., and Imaludin Agus M.Pd)
This research aims to (1) Find out what the learning outcomes of students
who are invited to use visual media in PAIsubjects are. (2) To find out what student
learning outcomes are in PAI subjects using conventional models. (3) To find out
whether there is an influence on student learning outcomes using visual media and
conventional models. This research was carried out using an experimental method
with a Posttest Only Control Design research design, in this design the author only
conducted posttests for the experimental class and control class. The population in
this study was class as an experimental class. The research results show: (1) Student
learning outcomes using visual media can be seen from the average score, namely
78, while the KKM score is 73. Thus, the use of visual media influences student
learning outcomes. (2) Student learning outcomes using the conventional model can
be seen from the average score of 66, while the KKM score is 73. Thus the learning
process using the conventional model is still less effective. (3) There is an influence
on student learning outcomes who are taught using visual media and those who are
taught using the conventional model. This can be proven from the data processing
results which explain that tcount is greater than ttable, so the value of tcount = 6.98
and ttable = 1.7109 with a significance level of 5%, meaning that Ho is rejected and
H1 is accepted. So it can be concluded that there is an influence on learning
outcomes using visual media and conventional models.
Keywords: Visual Media and Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Media Visual Dan Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Media Visual Dan Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama
200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username fajar
Date Deposited: 15 Mar 2024 05:45
Last Modified: 15 Mar 2024 05:45
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item View Item