IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS 1 SDN I MANDATI I

Windi Eka Sari, NIM: 19010104098, W (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS 1 SDN I MANDATI I. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (901kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (616kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (599kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Windi Eka Sari, NIM: 19010104098. Implementasi Kurikulum Merdeka
Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas 1 SDN I Mandati I Dibimbing
oleh: Bapak Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag. M.Pd dan Bapak Dr.
Supriyanto M. Ag
Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Mandati I. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan (1) implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran
PAI di kelas 1 SDN I Mandati I (2) apa saja faktor penghambat dan pendukung
implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran PAI di kelas 1 SDN I
Mandati I.
Jenis penelitian yang diginakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi kurikulum
Merdeka Belajar pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Mandati I sudah berjalan
dengan cukup baik, meskipun memerlukan banyak penyempurnaan karena
berbagai pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Perencanaan
pembelajaran dilakukan dengan menyusun ATP dan modul ajar yang disesuaikan
dengan kondisi disekolah. Dalam tahap pelaksanaan pembelajaran pihak sekolah
menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Guru dan peserta
didik dalam proses pembelajaran dikelas menekankan pentingnya akan capaian
pembelajaran, kemandirian, dan aplikasi pada kehidupan sehari-hari sehingga
tercipta situasi pembelajaran yang menyenangkan. Selanjutnya untuk penilaian
atau evaluasi dilakukan dengan asesmen diagnostik, evaluasi lisan, formatif dan
sumatif. (2) Faktor pendukung implementasi kurikulum Merdeka Belajar pada
pembelajaran PAI di SDN 1 Mandati I diantaranya yaitu adanya sarana dan
prasarana yang mendukung dan adanya guru yang selalu berusaha meningkatkan
kompetensinya, kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan untuk faktor penghambatnya
yaitu pemahaman guru terkait ilmu teknologi dan pemahaman Orangtua dan
Siswa Terkait Metode Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama
Islam

ABSTRACT
Windi Eka Sari, NIM: 19010104098. The implementation of the Independent
Learning Curriculum in PAI subjects in grade 1 of SDN I Mandati I was
guided by: Mr. Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag. M.Pd and Mr. Dr.
Supriyanto M. Ag
This research was carried out at SDN I Mandati I. This research aims to describe
(1) the implementation of the independent curriculum in PAI subjects in class 1 of
SDN I Mandati I (2) what are the inhibiting and supporting factors for the
implementation of the independent curriculum in PAI subjects in class 1 SDN I
Mandati I.
He type of research used in this research is qualitative research. Data was
collected through observation, interviews and documentation. The data analysis
technique used is descriptive analysis, namely data reduction, data presentation
and drawing conclusions.
The results of the research show that (1) The implementation of the Merdeka
Belajar curriculum in PAI subjects at SDN 1 Mandati I has gone quite well,
although it requires a lot of improvements because the various parties involved
are still in the process of adjusting. Learning planning is carried out by compiling
ATP and teaching modules that are adapted to school conditions. In the learning
implementation stage, the school implements student-centered learning. Teachers
and students in the classroom learning process emphasize the importance of
learning achievement, independence, and application to daily life so as to create a
pleasant learning situation. Furthermore, assessment or evaluation is carried out
with diagnostic assessments, oral, formative and summative evaluations. (2)
Supporting factors for implementing the Merdeka Belajar curriculum in PAI
learning at SDN 1 Mandati I include the existence of supporting facilities and
infrastructure and the presence of teachers who always try to improve their
competence, extracurricular activities. Meanwhile, the inhibiting factors are
teachers' understanding of technology and parents' and students' understanding of
PAI learning methods based on the Independent Curriculum.
Keywords: Implementation, Curriculum Merdeka Belajar, Islamic Religious
Education

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama
200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username fajar
Date Deposited: 18 Mar 2024 00:37
Last Modified: 18 Mar 2024 00:37
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item View Item