PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS III DI MIS AR-RAHMAN SINDANGKASIH

Eti Sukesih. NIM. 19010104051, E (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS III DI MIS AR-RAHMAN SINDANGKASIH. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Eti Sukesih. NIM. 19010104051. Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Pada Siswa Kelas III Di MIS Ar-Rahman
Sindangkasih. Dibimbing oleh : Bapak Dr. Abbas S.Ag, M.A dan Ibu Dra.
Hj.St Fatimah K,M.A
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan
pembelajaran Fiqih di kelas III MIS Ar-Rahman Sindangkasih dengan
menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division. Untuk
meningkatkan hasil belajar di kelas III dalam pembelajaran Fiqih melalui model
pembelajaran Student Team Achievement Division . Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian
meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi yang
dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa roses pelaksaan
pembelajaran Tematik dengan menerapkan model pembelajaran Student Team
Achievement Division dapat dilaksanakan sesuai dengan tahap perencanaan dan
pelaksanaan yang telah disiapkan yang mengacu kepada langkah-langkah dari
model pembelajaran Student Team Achievement Division. Dan setelah
diterapkannya model pembelajaran Student Team Achievement Division.
Aktifitas guru dan peserta didik di MIS Ar-rahman Sindangkasih dalam proses
pembelajaran mengalami perubahan. Hasil aktivitas guru pada siklus I pertemuan
pertama sebesar 57.90% dan pada siklus I pertemuan kedua sebesar 73.69%.
Kemudian pada tindakan siklus II pada pertemuan pertama aktivitas guru sebesar
84.21% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 100%. Sedangkan aktivitas
siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 43.75% dan pada pertemuan kedua
siklus I sebesar 68.75%. Kemudian pada tindakan siklus II pada pertemuan
pertama sebesar 87.5% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 93.75%.
Model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat menigkatkan
hasil belajar siswa di MIS Ar-rahman Sindangkasih. Hal ini dapat dilihat pada
hasil tes yang diperoleh siswa. pada pra siklus atau sebelum dilakukannya
tindakan hasil belajar siswa sebesar 43.48% dengan rata-rata 65.13% kemudian
setelah dilakukannya tindakan siklus I hasil siswa meningkat menjadi 65.21%
dengan rata-rata sebesar 68.39% dan pada tindakan siklus II hasil belajar siswa
meningkat menjadi 86,95% dengan rata-rata 80,65%. Adapun peningkatan hasil
belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 17.9% dan persentase peningkatan dari pra
siklus ke siklus II sebesar 23.83%.
Kata kunci : Student Team Achievement, Hasil Belajar

ABSTRACT
Eti Sukesih. NIM. 19010104051. Application of the Student Team Achievement
Division (STAD) type cooperative learning model in improving Fiqh learning
outcomes in grade III students at MIS Ar-Rahman Sindangkasih. Guided by:
Mr. Dr. Abbas S.Ag, M.A and Mrs. Dra. Hj.St Fatimah K, M.A
This study aims to determine the process of implementing Fiqh learning in
class III MIS Ar-Rahman Sindangkasih by applying the Student Team
Achievement Division learning model. To improve learning outcomes in grade III
in Fiqh learning through the Student Team Achievement Division learning model.
This type of research is a class action research carried out in 2 cycles. Research
procedures include planning, implementation, observation, evaluation and
reflection. Data collection techniques use observation, test, and documentation
techniques that are analyzed descriptively. The results showed that the process of
implementing Thematic learning by applying the Student Team Achievement
Division learning model can be carried out in accordance with the planning and
implementation stages that have been prepared which refer to the steps of the
Student Team Achievement Division learning model. And after the implementation
of the Student Team Achi learning model. The activities of teachers and students
at MIS Ar-rahman Sindangkasih in the learning process have changed. The
results of teacher activity in the first cycle of the first meeting amounted to
57.90% and in the first cycle of the second meeting amounted to 73.69%. Then in
the second cycle action at the first meeting teacher activity was 84.21% and at the
second meeting it increased to 100%. While student activity in the first cycle of the
first meeting was 43.75% and in the second meeting of the first cycle of 68.75%.
Then in the second cycle at the first meeting it was 87.5% and at the second
meeting it increased to 93.75%. The Student Team Achievement Division learning
model can improve student learning outcomes at MIS Ar-rahman Sindangkasih.
This can be seen in the test results obtained by students. in the pre-cycle or before
the action of student learning outcomes amounted to 43.48% with an average of
65.13%, then after the action of cycle I student outcomes increased to 65.21%
with an average of 68.39% and in the second cycle actions student learning
outcomes increased to 86.95% with an average of 80.65%. The increase in
learning outcomes from cycle I to cycle II was 17.9% and the percentage increase
from pre-cycle to cycle II was 23.83%.
Keywords: Student Team Achievement, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Student Team Achievement, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama
200 Agama > 297.14 Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih
Pendidikan
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username fajar
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:01
Last Modified: 18 Mar 2024 03:01
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item