ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MENERAPKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN BIOLOGI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KONAWE

Nur Adha, NIM. 18010108062., N (2022) ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MENERAPKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN BIOLOGI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KONAWE. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Adha, NIM. 18010108062. “Analisis Kesulitan Guru Biologi Dalam
Menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran
Biologi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe”. (Di Bimbing
Oleh : Dr. Mansyur, M.Pd, dan Hilda Ayu Melvi Amalia, M.Sc).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kesulitan guru
biologi dalam menerapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan
bagaimana solusi terhadap kesulitan guru dalam menerapkan rencana pelaksanaan
pembelajaran biologi (RPP) mata pelajaran biologi kurikulum 2013. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang
dilaksanakan di MAN 1 Konawe. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan yang
dihadapi guru MAN 1 Konawe dalam menerapkan kurikulum 2013 terdiri dari
kesulitan dalam penyesuaian materi dengan waktu pembelajaran yang harus
disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, media pembelajaran yang digunakan
dengan kebutuhan sekolah, sarana yang kurang lengkap dalam mendukung
pembelajaran contohnya peralatan Laboratorium yang tidak lengkap. Kendala
selanjutnya yaitu pada tahap penilaian dan kemampuan guru yang belum
sepenuhnya memahami kurikulum 2013 untuk dituangkan kedalam bentuk
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Solusi yang bisa dilakukan menghadapi
kesulitan yang dihadapi guru MAN 1 Konawe dalam menerapkan kurikulum 2013
yaitu di antaranya pihak sekolah memberikan bimbingan kepada guru untuk
meningkatkan kemampuan profesional guru, mengadakan kerja sama dengan
pihak luar baik dari universitas maupun pemerintah daerah setempat, evaluasi
pada guru untuk melihat memperbaiki kesulitan guru dalam mengajar dan
mengadakan anggaran tambahan untuk melengkapi sarana sekolah yang kurang.
Kata Kunci : Kurikulum 2013, RPP, Fenomenologi, Sarana, Kemampuan guru

ABSTRACT
Nur Adha, SID. 18010108062, “An Analisys of Biology Teachers’ Difficulties
in Implementing Lesson Plans (RPP) for 2013 Biology Subjects Curriculum
at Madrasah Aliyah Negeri 1 Konawe”, (Supervised by: Dr. Mansyur, M.Pd,
and Hilda Ayu Melvi Amalia, M.Sc).
The purpose of this study is to find out how difficult it is for biology
teachers to implement lesson plans (RPP), and how to solve the difficulties of
teachers in implementing biology learning implementation plans (RPP) for
biology subjects in the 2013 curriculum. This research is a type of qualitative
research with a phenomenological approach. which was held at MAN 1 Konawe.
The results showed that the difficulties faced by the teachers of MAN 1 Konawe
in implementing the 2013 curriculum consisted of difficulties in adjusting the
material to the learning time that must be adapted to the needs of the school, the
learning media used to meet the needs of the school, incomplete facilities to
support learning for example laboratory equipment that did not complete. The
next obstacle is at the assessment stage and the ability of teachers who do not
fully understand the 2013 curriculum to be poured into the form of a learning
implementation plan (RPP). Solutions that can be done to face the difficulties
faced by MAN 1 Konawe teachers in implementing the 2013 curriculum include
the school providing guidance to teachers to improve the professional abilities of
teachers, collaborating with outside parties both from universities and local
government, evaluating teachers to see improve the difficulties of teachers in
teaching and provide additional budget to complement the lack of school
facilities.
Keywords: 2013 curriculum, lesson plans, phenomenology, facilities, teacher
ability

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Kurikulum 2013, RPP, Fenomenologi, Sarana, Kemampuan guru
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kurikulum 2013, RPP, Fenomenologi, Sarana, Kemampuan guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 06 May 2024 03:02
Last Modified: 06 May 2024 03:02
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item View Item