STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECINTAAN TERHADAP AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMA QUR’AN WAHDAH ISLAMIYAH KENDARI

Muhammad Istighfar. NIM. 18010101110., M (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECINTAAN TERHADAP AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMA QUR’AN WAHDAH ISLAMIYAH KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN - ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Istighfar. NIM. 18010101110. Strategi guru pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an pada peserta didik
di SMA Qur’an Wahdah Islamiyah Kendari. Dibimbing Oleh: Dr. H. Pairin,
M.A dan Dr. H. Hasdin Has, Lc., M.Th.I
Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecintaan
terhadap Al-Qur’an pada peserta didik SMA Qur’an Wahdah Islamiyah
Kendari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an pada peserta didik di
SMA Qur’an Wahdah Islamiyah,bentuk kecintaan peserta didik di SMA Qur’an
Wahdah Islamiyah Kendari dan dampak strategi guru pendidikan agama Islam
terhadap peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecintaan
terhadap Al-Qur’an pada peserta didik yakni guru pendidikan agama Islam
memberikan pemahaman keutamaan Al-Qur’an dan keutamaaan membaca dan
menghafal Al-Qur’an, menceritakan kisah orang-orang sholeh terdahulu ketika
berinteraksi dengan Al-Qur’an, mengajarkan adab terhadap Al-Qur’an,
mengadakan lomba hafalan Qur’an dan mengadakan karantina menghafal.
Adapapun bentuk kecintaan peserta didik terhadap Al-Qur’an di SMA Qur’an
Wahdah Islamiyah Kendari yakni peserta didik senantiasa membaca Al-Qur’an,
menyiapkan waktu khusus untuk membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an sesuai
target hafalan yang diberikan, menghargai Al-Qur’an seperti berwudhu ketika ingin
membaca Al-Qur’an, meletakkan Al-Qur’an di tempat semestinya, dan berusaha
mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari seperti menjaga adab,
menjaga lisan dari kata kotor.
Kata kunci: Strategi Guru PAI, Dampak,Bentuk Kecintaan, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata kunci: Strategi Guru PAI, Dampak,Bentuk Kecintaan, Al-Qur’an
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Guru PAI, Dampak,Bentuk Kecintaan, Al-Qur’an
Subjects: 200 Agama > 297.07 Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 07 May 2024 00:19
Last Modified: 07 May 2024 01:06
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item