PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 2 LALONGGOWUNA KABUPATEN KONAWE

Titin, NIM: 18010104032, T (2023) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 2 LALONGGOWUNA KABUPATEN KONAWE. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Titin, NIM: 18010104032. Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi
Belajar Peserta Didik Di SDN 2 Lalonggowuna Kabupaten Konawe,
Pembimbing I: Dr. Muh. Shaleh, M. Pd; Pembimbing II: Rasmi, S. Ag., M. Si
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui deskripsi bimbingan
orang tua peserta didik di SDN 2 Lalonggowuna kabupaten Konawe; (2) Untuk
mengetahui deskripsi motivasi belajar peserta didik di SDN 2 Lalonggowuna
kabupaten Konawe; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua
terhadap motivasi belajar peserta didik di SDN 2 Lalonggowuna kabupaten Konawe.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey.
Lokasi penelitian di SDN 2 Lalonggowuna. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas IV, V dan VI di SDN 2 Lalonggowuna, sampel yang
digunakan pada penelitian ini yaitu kelas IV, V dan VI sebanyak 41 sampel. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner
(angket) pada peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu tehnik analisis deskriptif, teknik analisis statistik inferensial: uji normalitas, dan
uji linearitas; uji hipotesis penelitian (uji regresi linear sederhana). Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa variabel bimbingan orang tua berada dalam
kategori tinggi dengan jumlah peserta didik 14 orang diperoleh sebesar 34% dan
variabel motivasi belajar berada pada kategori tinggi dengan jumlah peserta didik 19
orang diperoleh sebesar 46%. Bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar
berpengaruh positif yang signifikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, karena
Thitung diperoleh sebesar 4,868 > nilai Ttabel (1,683), maka dengan demikian H1
diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan orang tua (X)
memiliki kontribusi pengaruh sebesar 37,8% terhadap motivasi belajar (Y) peserta
didik kelas IV, V, dan VI di SD Negeri 2 Lalonggowuna Kabupaten Konawe dan
selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar Peserta Didik.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar Peserta Didik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 13 May 2024 02:30
Last Modified: 13 May 2024 02:30
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item View Item