PANDANGAN MAHASISWA PRODI HUKUM EKONOMI SYARIAH IAIN KENDARI TERHADAP KONTEN PROMOSI PRODUK BERLABEL SYARIAH DI MEDIA SOSIAL PADA PRODUK TIENS SYARIAH DI KOTA KENDARI

Munawar, Nim : 18020102023, M (2024) PANDANGAN MAHASISWA PRODI HUKUM EKONOMI SYARIAH IAIN KENDARI TERHADAP KONTEN PROMOSI PRODUK BERLABEL SYARIAH DI MEDIA SOSIAL PADA PRODUK TIENS SYARIAH DI KOTA KENDARI. Other thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (947kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (805kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (922kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (677kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Munawar, Nim : 18020102023, Judul Skrispsi : “Pandangan
Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Kendari Terhadap Konten
Promosi Produk Berlabel Syariah Di Media Sosial Pada Produk Tiens
Syariah Di Kota Kendari”, Pembimbing Pertama : Dr. Kamaruddin S. Ag,
SH. MH, Pembimbing Kedua : Fatihani Baso M.H
Penelitian ini merupakan penelitian membahas tentang Pandangan
Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Kendari Terhadap Konten
Promosi Produk Berlabel Syariah Di Media Sosial Pada Produk Tiens Syariah Di
Kota Kendari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten promosi produk
berlabel Syariah di media sosial pada produk Tiens Syariah di Kota Kendari,
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi distributor melakukan konten
promosi pada produk berlabel Syariah Terhadap produk Tiens Syariah di kota
Kendari, mengetahui pandangan mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah terhadap
konten promosi produk berlabel Syariah di media sosial pada produk Tiens
Syariah di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik penggumpulan data melalui wawancara,
angket dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa mengenai Pandangan Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN
Kendari Terhadap Konten Promosi Produk Berlabel Syariah Di Media Sosial Pada
Produk Tiens Syariah Di Kota Kendari, dapat disimpulkan pertama, perusahaan
tidak memiliki kriteria dalam mempromosikan produknya serta para distributor
Tiens Syariah melakukan 7 tahapan untuk mempromosikannya di media sosial
agar produk tersebut berhasil terjual. Kedua faktor yang mempengaruhi distributor
melakukan konten promosi dimedia sosial adalah faktor penjulan, faktor sosial
faktor pribadi dan faktor ekonomi yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk
menjual produk-produk Tiens dengan secepat mungkin. Ketiga, Pandangan
mahasiswa terhadap konten promosi tiens syariah lebih banyak mahasiswa yang
tidak setuju dengan konten promosi tersebut karena adanya gambar atau caption
yang vulgar dan sebagian kecil setuju dengan adanya konten promosi tersebut.
Oleh karena itu mahasiswa dominan tidak menyetujui konten-konten promosi
yang tidak pantas untuk dipublikasikan disamping produk tersebut telah berlabel
syariah.
Kata Kunci: Pandangan, Mahasiswa, Media Sosial, Tiens Syariah

ABSTRACT
Name : Munawar, Student Identity Number : 18020102023, Thesis Title :
"Views of Students of Islamic Economics Law Study Program IAIN Kendari
Against Promotional Content of Products Labeled Sharia on Social Media on
Sharia Tiens Products in Kendari City", First Supervisor : Dr. Kamaruddin
S. Ag, SH. MH, Second Supervisor : Fatihani Baso M.H
This research is a study discussing the views of IAIN Kendari Sharia
Economics Law Study Program Students on Promotional Content for Products
Labeled with Sharia on Social Media on Tiens Syariah Products in Kendari City.
This research aims to determine the promotional content for products labeled with
Sharia on social media for Tiens Syariah products in the City Kendari, knowing
the factors that influence distributors to carry out promotional content on products
labeled Sharia towards Tiens Syariah products in the city of Kendari, knowing the
views of Sharia Economic Law students towards promotional content for products
labeled Sharia on social media on Tiens Syariah products in Kendari City. This
research uses qualitative research methods with a descriptive approach. Data
collection techniques through interviews, questionnaires and documentation.
Based on the results of this research, it shows that regarding the views of IAIN
Kendari Sharia Economic Law Study Program Students towards Promotional
Content for Products Labeled with Sharia on Social Media on Tiens Syariah
Products in Kendari City, it can be concluded firstly, the company does not have
criteria for promoting its products and Tiens Syariah distributors do 7 stages for
promoting it on social media so that the product is successfully sold. The two
factors that influence distributors to carry out promotional content on social media
are sales factors, social factors personal factors and economy factors which have
the same goal, namely to sell Tiens products as quickly as possible. Third,
students' views on Tiens Syariah promotional content, more students disagree
with the promotional content because of the vulgar images or captions and a small
percentage agree with the promotional content. Therefore, students predominantly
do not approve of promotional content that is inappropriate for publication unless
the product has a sharia label.
Keywords: Views, Students, Social Media, Tiens Syariah

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Pandangan, Mahasiswa, Media Sosial, Tiens Syariah
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pandangan, Mahasiswa, Media Sosial, Tiens Syariah
Subjects: 000 Kelas Umum > 006.754 Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Ilmu Sosial > 338 Produksi > 338.04 Kewirausahaan
Ekonomi > Ekonomi Islam
Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Muamalah
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 14 May 2024 00:28
Last Modified: 14 May 2024 00:31
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2563

Actions (login required)

View Item View Item