MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGANYAM DENGAN MENGGUNAKAN DAUN KELAPAPADA KELOMPOK A TK AN’NASAR KOTA KENDARI

Inang Indriani. Nim. 18010105042., I (2023) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGANYAM DENGAN MENGGUNAKAN DAUN KELAPAPADA KELOMPOK A TK AN’NASAR KOTA KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (710kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (738kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (608kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Inang Indriani. Nim. 18010105042. Meningkatkan Motorik Halus Anak
Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Menggunakan Daun Kelapa Pada
Kelompok A TK An’Nasar Kota Kendari.Dibimbing Oleh: Dr Masdin M.Pd.
La Ode Anhusadar S.Pd.I, M.Pd
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan
menganyam dengan daun kelapa dalam meningkatkan motorik halus pada anak
kelompok A diTK An’Nasar Kota Kendari.Teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian.
Sedangkan untuk model yang dipilih dalam melakukan tindakan yakni siklus
model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Pelaksaan penelitian ini dilakukan dengan
dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan.Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa menganyam dengan daun
kelapa dapat meningkatkan motorik halus anak kelompok A TK An’Nasar Kota
Kendari.Sebagaimana hasil dari observasi yang menunjukkan bahwa
perkembangan motorik halus anak yang mengalami peningkatan yang sangan
baik.Hasil pada pra siklus sebelum dilaksanakan tindakan penilaian motorik halus
anak yang tuntas mencapai 13%, kemudian pada siklus I anak yang tuntas
mencapai 50%, dan pada siklus II anak yang tuntas mencapai 83.33%. Hal ini
menunjukkan bahwa melalui kegiatan menganyam dengan daun kelapa, motorik
halus anak berhasil mengalami peningkatan karena telah sesuai dengan indikator
tingkat pencapaian yaitu sebesar 75%.
Kata Kunci :Meningkatkan Motorik Halus Anak, Menganyam, Daun Kelapa

ABSTRACT
Inang Indriani. Nim. 18010105042. Develop children’s fine motor skills
through weaving activities using coconut leaves in group A TK An’Nasar
Kendari City. Guided by: Dr Masdin M.Pd. La Ode Anhusadar S.Pd.I, M.Pd
This class action research (PTK) aims to determine the activity of weaving with
coconut leaves in group A at An’Nasar kindergarten, kendari city. Data collection
techniques used in this study are observation, documentation, and asessment.
While for the model chosen in taking action, namely the Kemmis and Mc Taggart
model cycle which has four stages, namely planning, implementing, observing and
reflecting. The implementation of this research was carriedout in two cycles. In
each cycle carrid out with three meetings.The results obtained in this study
indicate that weaving with coconut leaves can increase fine motor skills for
children in goroup A at An’Nasar kindergarten, kendari city. As the result of
observations show that the fine motor development of children has experienced a
very good increase. The result in the pre cycle before the implemantation of hte
child’s fine motoric asessment action which was completed itwas 13%, then in the
one child’s cycle which was completed it was 50%, and in the two children’s cycle
which was completed it was 83.33%. These results indicate that through weaving
activities with coconut leaves, children’s fine motor skills have increased because
they are in accordance with the achievement level indicato, which is 75%.
Keywords: Increase Children’s Fine Motor Skills, Weaving, Coconut Leaves

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci :Meningkatkan Motorik Halus Anak, Menganyam, Daun Kelapa
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Meningkatkan Motorik Halus Anak, Menganyam, Daun Kelapa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 22 May 2024 03:16
Last Modified: 22 May 2024 03:16
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item