STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN AIR TERJUN MORAMO

Adinda Aryaningtyas HB., Nim : 19030101060,, A (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN AIR TERJUN MORAMO. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (804kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (986kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (686kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (849kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (899kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Adinda Aryaningtyas HB., Nim : 19030101060, Judul Skripsi :
“Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dalam Meningkatkan Jumlah
Kunjungan Air Terjun Moramo”, Pembimbing : DR. Asliah Zainal S. Ag,
S.Pd, MA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Strategi
Komunikasi Dinas Pariwisatadalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Air Terjun
Moramo. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mendukung dan menghambat dalam meningkatkan jumlah kunjungan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini aktivitas
strategi komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Selatan dalam
meningkatkan jumlah kunjungan Air Terjun Moramo. Proses pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data
dianalisis melalui tiga cara yaitu mereduksi data, penyajian data dan yang terakhir
melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
komunikasi dinas pariwisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan
Air Terjun Moramo yang digunakan yaitu strategi periklanan: koran, brosur,
spanduk, media elektronik televisi, website dan media sosial. Institusional selling
(penjualan kelembagaan) yakni dengan melakukan promosi di tempat wisata dan
dengan menggunakan media online. Institusional selling yang sering digunakan
Dinas pariwisata adalah dengan mengadakan event atau mengikuti pameran yang
diselenggarakan oleh pemerintah. Direct marketing (pemasaran langsung) strategi
ini dilakukan dengan pemasaran mempromosikan wisata Air terjun Moramo
secara langsung dan dari media sosial. Faktor-Faktor Yang Mendukung Dan
Menghambat Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan ada dua pertama faktor
pendukung yaitu media sosial, media sosial yang digunakan adalah facebook dan
instagram. Daya tarik wisata lainnya yang ada di Air Terjun Moramo antara lain
keindahan alam, keunikan batuan kapur yang membuat dinding-dindingnya tidak
licin untuk dipanjat, bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk mengajak
murid sekolah untuk belajar di objek wisata, menampilkan tari-tarian pada acara
tertentu dan mengikuti event atau acara. Kedua Faktor penghambat antara lain
aksebilitas yang kurang baik, sumber daya manusia yang kurang dalam bidang
teknologi dan pengelolaan pohon tumbang yang kurang baik.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dinas Pariwisata, Meningkatkan Jumlah
Kunjungan, Air Terjun Moramo

ABSTRACK
Name : Adinda Aryaningtyas HB., Nickname : 19030101060, Subtitle:
"Communication Strategy of the Tourism Office in Increasing the Number of
Visits to Moramo Waterfall ", Supervisor : DR. Asliah Zainal S. Ag, S.Pd, MA
This study aims to find out how the application of the Communication
Strategy of the Tourism Office in Increasing the Number of Visits to Moramo
Waterfall. This study also aims to determine the factors that support and hinder in
increasing the number of visits. This study uses a qualitative descriptive
approach. The object of this research is the communication strategy activities of
the South Konawe Regency Tourism Office in increasing the number of visits to
Moramo Waterfall. The process of collecting data is done through observation,
in-depth interviews and documentation. Data were analyzed in three ways,
namely reducing data, presenting data and finally drawing conclusions. The
results showed that the tourism service's communication strategy in increasing the
number of tourist visits to Moramo Waterfall was used through advertising
strategies in the form of newspapers, brochures, banners, television electronic
media, websites and social media. Institutional selling (institutional selling),
namely by promoting at tourist attractions and by using online media.
Institutional selling that is often used by the tourism office is by holding events or
participating in exhibitions organized by the government. Direct marketing (direct
marketing) this strategy is carried out by marketing promoting Moramo Waterfall
tours directly and from social media. Another direct marketing used by the
government is word of mouth and the experiences of tourists who have visited.
The factors that support and hinder increasing the number of visits are the first
two supporting factors, namely social media, the official social media used are
Facebook and Instagram, the rest of social media is used in collaboration with
local governments. Other tourist attractions at Moramo Waterfall include natural
beauty, the uniqueness of limestone rocks that make the walls non-slippery to
climb, working with the local government to invite school students to study at
tourist attractions, performing dances at certain events and attend an event or
events. The two inhibiting factors include poor accessibility, inadequate human
resources in technology and poor management of fallen trees.
Keywords: Communication Strategy, Tourism Office, Increasing Number of
Visits, Moramo Waterfall

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dinas Pariwisata, Meningkatkan Jumlah Kunjungan, Air Terjun Moramo
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dinas Pariwisata, Meningkatkan Jumlah Kunjungan, Air Terjun Moramo
Subjects: 000 Kelas Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:37
Last Modified: 03 Jun 2024 07:37
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item