MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE TRADING PLACE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BAJO INDAH

Nurlena, NIM. 19010104081., N (2023) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE TRADING PLACE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BAJO INDAH. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurlena NIM. 19010104081. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan
Agama Islam Melalui Strategi Active Learning Tipe Trading Place Pada Siswa
Kelas V SDN Bajo Indah” (Dibimbing Oleh Bapak Prof. Dr. H, Nur Alim M.
P.d dan Ibu Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, M.A).
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V
SDN Bajo Indah. Di sebabkan sering menggunakan metode ceramah dan
pemberian tugas tanpa menggunakan strategi yang bervariatif maupun strategi
belajar aktif yang mengakibatkan siswa menjadi pasif . Hal ini dikarenakan gaya
mengajar guru masih bersifat konvensional sehingga menjadi salah satu faktor
yang membuat siswa kurang aktif di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan : (1)
untuk mengetahuai bagaimana cara menerapkan strategi pembelajaran Active
Learning Tipe Trading Place pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dikelas V SDN Bajo Indah. (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas V
SDN Bajo Indah dalam menggunakan strategi Active Learning Tipe Trading
Place. Strategi Active Learning Tipe Trading Place yang dimaksud dalam peneliti
adalah langkah-langkah Trading Place yang dimulai dengan tahapan membagi
kelompok menjadi 3 kelompok dan guru meminta perwakilan setiap kelompok
untuk maju didepan untuk menjawab pertanyaan yang ada dikertas Pos-it. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). subjek dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 18 peserta didik. prosedur dalam
penelitian ini adalah (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan dokumentasi.
Hasil aktivitas belajar menunjukkan bahwa pengunaan strategi Active Learning
Tipe Trading Place pada mata pelajaran PAI di kelas V SDN Bajo Indah dapat
meningkat. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase angka ketuntasan hasil
aktivitas belajar pada siklus I 56% dan persentase angka ketuntasan siklus II
meningkat sebesar 90,3%. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan Dengan
demikian penerapan strategi Active Learning Tipe Trading Place mengalami
peningkatan pada mata pelajaran PAI kelas V SDN Bajo Indah.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Peserta Didik, Strategi Active Learning Tipe
Trading Place

ABSTRACT
Nurlena, NIM. 19010104081. "Improving Islamic Religious Education
Learning Activities Through Active Learning Strategy Type Trading Place in
Class V Students of SDN Bajo Indah" (Supervised by Prof. Dr. H, Nur Alim
M. P.d and Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, M.A).
This research was motivated by the low learning activity of class V students of
SDN Bajo Indah. This is caused by the frequent use of lecture and assignment
methods without using varied strategies or active learning strategies that result in
students becoming passive. This is because the teaching style of the teacher is still
conventional, so it becomes one of the factors that make students less active in
class. This study aims: (1) to know how to apply Active Learning Strategy Type
Trading Place in Islamic Religious Education subjects in class V of SDN Bajo
Indah. (2) to know the learning activities of class V students of SDN Bajo Indah
in using Active Learning Strategy Type Trading Place. The Active Learning
Strategy Type Trading Place referred to in the researcher is the steps of Trading
Place which starts with the stage of dividing the group into 3 groups and the
teacher asks the representative of each group to come to the front to answer the
questions on the Post-it paper. This research type is Classroom Action Research
(PTK). The subjects in this study were class V students with a total of 18 students.
The procedures in this study are (1) planning, (2) action, (3) observation, (4)
reflection. Data collection techniques are done by observation and documentation.
The results of learning activities show that the use of Active Learning Strategy
Type Trading Place in Islamic Religious Education subjects in class V of SDN
Bajo Indah can be increased. This can be seen from the average percentage of the
learning activity completion rate in cycle I of 56% and the cycle II completion
rate increased by 90.3%. This shows an improvement. Thus, the application of
Active Learning Strategy Type Trading Place has improved in Islamic Religious
Education subjects in class V of SDN Bajo Indah.
Keyword: Active Learning, Student, The Strategy of Active Learning Type
Trading Place

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Peserta Didik, Strategi Active Learning Tipe Trading Place
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Peserta Didik, Strategi Active Learning Tipe Trading Place
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.102 Pendidikan, Pengajaran
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:43
Last Modified: 28 Jun 2024 01:43
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2781

Actions (login required)

View Item View Item