MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH DALAM PROSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SDIT INSAN MANDIRI KENDARI

Ervita Sari (NIM: 2021040201010), E (2023) MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH DALAM PROSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SDIT INSAN MANDIRI KENDARI. Other thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
A COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ervita Sari (NIM: 2021040201010). Manajemen Pemasaran Sekolah dalam Proses
Penerimaan Peserta Didik Baru di SDIT Insan Mandiri Kendari. Pembimbing I: Dr. Akib,
M.Pd. Pembimbing II: Dr. Syamsuddin, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisa dan
mendeskripsikan manajemen pemasaran sekolah yang digunakan dalam proses
penerimaan peserta didik baru di SDIT Insan Mandiri Kendari. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Analisis calon peserta didik di SDIT Insan Mandiri Kendari dilakukan melalui
segmentasi calon peserta didik, penentuan target calon peserta didik, dan penentuan
posisi pasar calon peserta didik. 2) Perencanaan sosialisasi PPDB di SDIT Insan Mandiri
Kendari dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: dengan melihat situasi pemasaran
lembaga pendidikan saat ini, melakukan analisis peluang dan tantangan dengan cara
melakukan analisis SWOT, menetapkan strategi sosialisasi menyusun program kerja dan
menyusun anggaran yang akan digunkan dalam proses sosialisasi PPDB. 3) Implementasi
sosialisasi PPDB di SDIT Insan Mandiri Kendari dilakukan melalui beberapa tahapan
yaitu pengorganisasian kegiatan pemasaran yang melibatkan seluruh guru dan staff,
pengarahan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, pengkoordinasian yang dilakukan
melalui rapat dan juga melalui grup whatsapp panitia, dan pelaksanaan sosialisasi melalui
strategi promosi, strategi lock-in, strategi diferensiasi, strategi personal selling dan
strategi keunggulan bersaing. 4) Pengendalian sosialisasi PPDB di SDIT Insan Mandiri
Kendari dilakukan melalui rapat evaluasi berkelanjutan untuk mengevaluasi
permasalahan permasalahan yang ditemui di lapangan dan kemudian dilakukan tindakan
untuk mendapatkan solusi yang tepat.
Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Penerimaan Peserta Didik Baru

ABSTRACT
Ervita Sari (NIM: 2021040201010) School Marketing Management of New Student
Recruitment at SDIT Insan Mandiri Kendari. Supervisor I: Dr. Akib, M.Pd. Supervisor II:
Dr. Syamsuddin, M.Pd.
This research is a qualitative research which aims to analyze and describe school
marketing management of new student recruitment at SDIT Insan Mandiri Kendari. The
data was collected through observation, interviews and documentation. The data analysis
was collected through data reduction, data display, and data verification. The research
results show that: 1) Analysis of prospective students at SDIT Insan Mandiri Kendari was
carried out through segmentation of prospective students, determining targets for
prospective students, and determining the market position of prospective students. 2)
Planning for PPDB socialization at SDIT Insan Mandiri Kendari is carried out in several
stages, namely: by looking at the current marketing situation of educational institutions,
analyzing opportunities and problems by carrying out a SWOT analysis, determining a
socialization strategy, preparing a work program, preparing a budget that will be used in
the process PPDB socialization. 3) Implementation of PPDB socialization at SDIT Insan
Mandiri Kendari is carried out through several stages, namely organizing marketing
activities involving all teachers and staff, direction carried out by the Principal,
coordination carried out through meetings and also through the committee's WhatsApp
group, and implementation of socialization through promotional strategies , lock-in
strategy, differentiation strategy, personal selling strategy and competitive advantage
strategy. 4) Control of PPDB socialization at SDIT Insan Mandiri Kendari is carried out
through continuous evaluation meetings to evaluate problems encountered in the field
and then take action to find the right solution.
Keywords: Marketing Management, New Student Recruitment

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Penerimaan Peserta Didik Baru
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Penerimaan Peserta Didik Baru
Subjects: Ekonomi > Manajemen
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with username asni
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:06
Last Modified: 02 Jul 2024 06:06
URI: http://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item